Sukses

Tak Tahan dengan Godaan Makanan, Ini Cara Menangkisnya!

Wanita biasa makan berlebihan di saat sedih dan bahagia. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips yang bisa wanita coba.

Banyak wanita yang kadang berlebihan dalam hal makan. Ada juga yang hampir setiap waktu mulutnya tak berhenti mengunyah. Tentu ada banyak alasan kenapa begitu.

Bisa jadi karena sedih, terlalu bahagia atau ada persoalan lain. Dalam berbagai penelitian disebutkan, makanan cenderung membuat seseorang nyaman. Padahal, bila berlebihan bisa bikin badan melar.

Daripada menyesal kemudian, ada beberapa alasan untuk Anda pertimbangan supaya menghindari makan berlebihan. Entah karena alasan berat badan atau masalah kesehatan, sangat penting agar kita mengatasi makan berlebihan.

Inilah beberapa tips untuk menghindari makan berlebihan seperti dikutip Magforwomen, Jumat (1/11/2013):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman



1. Makanan tepat

Sarapan, makan siang, dan makan malam harus tepat waktu dan dalam jumlah yang tepat. Anda mungkin perlu menyadari, ketika Anda sarapan, Anda tak akan merasakan keinginan mengemil atau makan berlebihan sepanjang hari. Hal yang sama juga berlaku untuk makan besar lainnya.

Makan malam lebih awal merupakan cara yang baik untuk menghentikan makan berlebihan di tengah malam.
3 dari 7 halaman



2. Minum banyak air sebelum makan dan selama makan

Anda akan merasa kenyang jika Anda mengisi perut Anda dengan air sebelum makan. Selain itu, minum saat makan, ada sedikit kemungkinan Anda akan makan lebih dibandingkan yang Anda perlukan.
4 dari 7 halaman



3. Jangan lari ke makanan ketika sedih

Ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa sedih. Lari ke makanan demi merasa nyaman merupakan keputusan yang buruk karena membuat Anda mudah kecanduan makanan yang mengarah ke makan berlebihan.
5 dari 7 halaman


4. Camilan sehat di antara waktu makan

Anda tak harus benar-benar lapar untuk memiliki camilan sehat. Anda bisa mengemil di antara makan besar jika Anda berpikir itu cara menghindari makan berlebihan.

Jika Anda pergi ke pesta dan menyadari Anda bakal makan berlebihan, pilihlah camilan seperti melon yang bisa membuat Anda merasa kenyang sebelum makan prasmanan di pesta.
6 dari 7 halaman



5. Jangan kelaparan karena diet

Ketika membuat tubuh kelaparan dari nutrisi, Anda akan berakhir dengan ingin makan terus. Bahkan jika Anda sedang diat, pastikan Anda mendapatkan semua nutrisi dengan tepat.

Melakukan diet sehat dan seimbang untuk menghentikan makan berlebihan.
7 dari 7 halaman



6. Jangan rayakan penurunan berat badan dengan makan berlebihan

Sebagian dari kita cenderung makan berlebihan setelah mencapat target penurunan berat badan. Kita cenderung menghargai diri sendiri sehingga makan berlebihan.

Berhentilah memberikan penghargaan ke diri sendiri dengan makan berlebihan.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini