Sukses

Orang Sekarang Kalau Batuk Pilek Kenapa Lama, Ya?

Penyakit batuk dan pilek mungkin sering dianggap remeh, tapi sebenarnya kedua penyakit ini bisa jadi berbahaya bila salah ditangani.

Penyakit batuk dan pilek mungkin sering dianggap remeh, tapi sebenarnya kedua penyakit ini bisa membahayakan bila salah ditangani dan didiamkan.

Demikian diungkapkan dokter spesialis paru, dr. Agus Dwi Susanto, SpP dari di RS Persahabatan yang diwawancari Liputan6.com di Jakarta, Kamis (31/10/2013).

"Sebagai klinisi saya menemukan bahwa orang-orang sekarang, sakit batuk-pilek itu lebih lama dari sebelumnya. Kalau dulu orang flu itu hanya sebentar tapi sekarang bisa sampai 2 minggu. Mungkin ada varian virus baru. Karena biasanya bila hanya batuk-pilek, 5-7 hari sudah sembuh," kata Agus.

Maka itu, Agus menyarankan untuk Anda agar selalu peduli kesehatan. Bila sakit segera diobati sedini mungkin dan istirahat yang cukup. Karena penyakit terkait pernapasan ini bisa berakibat parah.

"Kalau sudah infeksi, flu saja bisa menyebabkan infeksi saluran napas ataupun radang paru-paru. Ini turunnya cepat lho, dari flu turun ke saluran napas atas dan bawah. Ini kan satu saluran sehingga bisa menimbulkan infeksi hingga paru. Kedua, kalau dari awal penyakitnya sudah terasa berat, lebih baik jangan diobati sendiri," jelasnya.

Apalagi, bila orang tersebut memiliki penyakit dasar. Misalnya sinusitis, asma dan sebagainya lebih baik segera ke dokter.

"Sementara itu upaya lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan flu adalah mengonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup. Meskipun dalam penelitian itu dibilang bahwa mengonsumsi vitamin tidak menyembuhkan, tapi setidaknya ada upaya supaya stamina kita terjaga dengan baik," jelasnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini