Sukses

Pakai Maskara `Waterproof` Jangan Setiap Hari

Menggunakan maskara tahan air sertiap ternyata berbahaya. Kenapa?

Keindahan mata wanita bisa memikat pria. Untuk mempercantiknya, wanita rela membubuhkan maskara atau eye liner. Namun, penggunaan maskara tahan air (waterproof) sebisa mungkin jangan setiap hari.

Demikian disampaikan Make up Artis Kirsten Piggott seperti dikutip Cosmopolitan, Kamis (31/10/2013).

Piggott mengatakan, menggunakan maskara tahan air setiap hari hanya membuat bulu mata Anda berjatuhan.

"Secara umum, maskara kurang mengandung bahan pelembab dibandingkan maskara biasa karena itu bertahan lama, sehingga bisa membuat bulu mata Anda lebih cepat berjatuhan," kata Piggott.

Belum lagi saat membersihkannya, lanjut Piggott, Anda akan kesulitan jika maskara itu tahan air. Wanita mungkin menarik beberapa bulu matanya yang membuatnya tercabut.

Menurut Piggot, terkadang wanita lupa membersihkan riasan dari matanya dengan keras-keras. Padahal, membersihkan mata dengan mengosok keras bisa menyebabkan pembuluh darah meledak.

"Setelah Anda membasahi bola kapas dengan remover Anda, luangkan waktu sebentar dan biarkan makeup terlepas sebelum Anda mulai menyekanya.

Menggosok mata Anda hanya akan membuat kulit menjadi merah di sekitarnya dan merusak pembuluh darah.

Bahaya Liner

Tak hanya maskara, menggunakan eye liner di tepi mata sebaiknya tak setiap hari dilakukan. "Jika Anda melakukan ini sekali-sekali ketika Anda mempunyai acara besar... maka tidak apa-apa dilakukan, " kata Elise Brisco, dari Hollywood Vision Center.

Menurutnya, jika dilakukan setiap hari partikel dari liner bisa mengapung di air mata dan menyumbat saluran. "Ini bisa menyebabkan infeksi mata, bintitan, dan memicu reaksi alergi pada mata Anda, terutama karena pengawet dan bahan kimia yang terkandung di makeup," ujarnya.

Ia menyarankan, jika wanita ingin menggunakan eye linner, pakailah di sepanjang garis bulu mata saja, bukan tepi bagian dalam agar aman.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini