Sukses

Sapi Harus Dimandikan 1 Jam Sebelum Diperah

Bila berniat memerah jam 2 siang, maka jam 12 atau jam 1 sapi sudah selesai dimandikan.

Peternak asal Belanda menyarankan agar 1 jam sebelum diperah sapi dmandikan lebih dulu. Bila berniat diperah jam 2 siang, maka jam 12 atau jam 1 sapi sudah selesai dimandikan.

"Mandiinnya jangan berdekatan waktu perah. Sebisa mungkin 1 jam sebelumnya, biar benar-benar kering dan bersih. Selain tidak netes-netes, pada saat diperah ambingnya dibersihkan menggunakan lap kering," Gerben Smeenk dalam acara 'Farmer 2 Farmer: From Farmer, To Farmer', di Pemerahan Sapi Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (29/10/2013)

Kebiasaan peternak di Indonesia ketika membersihkan ambing (puting) sapi masih dianggap salah oleh peternak Belanda. Peternak di Indonesia seringkali menggunakan lap basah ketika membersihkan ambing, padahal yang benar adalah menggunakan lap kering.

Lebih lanjut Gerben mengatakan, lap kering digunakan pada saat ambing sapi sudah dalam keadaan bersih. Bila pada saat akan diperah ambing masih dalam keadaan kotor, bersihkan terlebih dulu menggunakan air dan bersihkan dengan lap kering, lalu diperah.

Program `Farmer 2 Farmer` ini merupakan sharing ilmu pengetahuan antara peternak sapi perah Belanda dengan para peternak yang berasal dari Indonesia.

Sebagai program jangka panjang yang akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tahun 2013 ini, empat peternak Belanda akan mendatangi lima area peternakan yang ada di pulau Jawa sebagai pilot project selama 3 minggu.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini