Sukses

Bersihkan Puting Sapi dengan Lap Kering

Peternak di Indonesia seringkali menggunakan lap basah ketika membersihkan ambing, padahal yang benar adalah menggunakan lap kering.

Kebiasaan peternak di Indonesia ketika membersihkan ambing (puting) sapi masih dianggap salah oleh peternak Belanda. Peternak di Indonesia seringkali menggunakan lap basah ketika membersihkan ambing, padahal yang benar adalah menggunakan lap kering.

Salah seorang peternak asal Belanda, Gerben Smeenk mengatakan, fungsi dari lap kering ketika membersihkan ambing, adalah agar ambing sapi dalam keadaan kering saat diperah.

"Dengan ambing kering saat diperah, tidak akan ada kontaminasi dari luar ke susu. Saat ambing diperah masih dalam keadaan basah, tetesan dari badan akan turun dan masuk ke susu," kata Gerben Smeenk dalam acara 'Farmer 2 Farmer: From Farmer, To Farmer', di Pemerahan Sapi Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (29/10/2013)

Bila bakteri sampai masuk ke dalam susu, tidak akan bisa ditekan lagi walaupun sudah didinginkan dengan cepat. Sebab, bagian sapi relatif kotor. "Itulah mengapa lap kering penting saat membersihkan ambing sapi," lanjutnya.

Lebih lanjut Gerben mengatakan, lap kering digunakan pada saat ambing sapi sudah dalam keadaan bersih. Bila pada saat akan diperah ambing masih dalam keadaan kotor, bersihkan terlebih dulu menggunakan air dan bersihkan dengan lap kering, lalu diperah.

"Lagian kalau ambing sudah bersih, tapi tetap dimandikan namanya tidak efektif. Jangan kerja dua kali," terang Gerben.

Program `Farmer 2 Farmer` ini merupakan sharing ilmu pengetahuan antara peternak sapi perah Belanda dengan para peternak yang berasal dari Indonesia.

Sebagai program jangka panjang yang akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tahun 2013 ini, empat peternak Belanda akan mendatangi lima area peternakan yang ada di pulau Jawa sebagai pilot project selama 3 minggu.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.