Sukses

Pemuda Keren Itu, Sumpahnya Seperti Ini

Pemuda zaman sekarang tentu berbeda pada zaman perjuangan dulu. Kira-kira apa ya sumpah sehat buat pemuda masa kini?

Pemuda zaman sekarang tentu berbeda pada zaman perjuangan dulu. Saat ini, tak sedikit pemuda yang terjerat kasus narkoba ataupun menjadi perokok berat. Belum lagi banyak penyakit orang tua yang diderita pemuda seperti stroke atau jantung.

Kira-kira apa ya sumpah sehat buat pemuda masa kini?

1. Pemuda Harus Jauh dari Rokok
2. Pemuda Harus Jauh dari Narkoba
3. Pemuda Harus Hidup Sehat
4. Jauh dari Seks Bebas
5. Pemuda Harus Lebih Peduli dengan Orang Sekitarnya

Psikolog di Lembaga Terapan Psikologi UI, Muhammad Rizal, Psi, mengatakan, memang pemuda masa kini sudah lebih memerhatikan gaya hidup yang sehat. Tapi, rasa saling menghormati masih kurang. Sehingga pemuda perlu menanamkan rasa saling menghormati.

"Tidak hanya respect kepada orang yang lebih tua, tapi ke semua orang. Saya selalu dengar keluhan pemuda sekarang tidak pernah peduli dengan orang lain," kata Rizal saat dihubungi Liputan6.com, Senin (28/10/2013).

Untuk itu, Rizal mengimbau, pemuda untuk belajar memahami orang agar bisa menghormati orang lain. "Kalau sudah bisa memahami kondisi orang, lalu rasa penghargaan ke orang lain akan muncul," pungkas Rizal.

(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda