Sukses

Sering Olahraga Tetap Kena Serangan Jantung, Ini Alasannya!

Seseorang yang sudah rajin olahraga setiap hari masih bisa terkena serangan jantung saat berolahraga. Kenapa?

Seseorang yang sudah rajin olahraga setiap hari masih bisa terkena serangan jantung saat berolahraga. Kenapa?

Serangan jantung yang dimaksud bisa disebabkan dehidrasi yang membuat kerja jantung terbebani. Demikian disampaikan Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto saat dihubungi Liputan6.com, dan ditulis Senin (28/10/2013).

"Hal itu membebani kerja jantung sehingga terjadi palpitasi/ berdebar-debar yang bila dibiarkan membuat jantung tidak mampu lagi mengantisipasi kerja yang dilakukan dan akhirnya terjadi serangan jantung," kata dr Michael.

Dr Michael mengatakan, dehidrasi yang dimaksud tak hanya kurang minum saat bertanding. Tapi, bisa aja karena faktor cuaca yang membuatnya banyak berkeringat dan sering kencing.

"Mungkin saja minumnya cukup, tapi karena suhu udara yang panas dapat menimbulkan efek keringat dan produksi urine yang meningkat sehingga di waktu lomba dia mengalami dehidrasi," ujarnya.

Dr Micahel mengimbau, Anda yang ingin bertanding olahraga seperti lari marathon ada baiknya minum 1 cangkir air setiap 15-20 menit. "Tapi juga intensitas latihan cukup berat selama 45 menit atau intensitas ringan yang melebihi 1 jam, air biasa tidak akan dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi yang harus diminum adalah cairan isotonik untuk mengisi kekurangan elektrolit dan gula," ujarnya.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini