Sukses

Wanita yang Tidak Punya Anak Rentan Kanker Payudara

Bagi wanita yang bekerja malam khususnya, risoko kanker payudara mengintai Anda

Kanker payudara secara bertahap menjadi kenyataan pahit untuk wanita modern saat ini. Statistik menunjukkan bahwa jumlah kasus kanker payudara juga meningkat setiap tahunnya.

Yang perlu ditanyakan adalah apa yang menyebabkan kenaikan ini? kemudian apakah gaya hidup benar-benar berhubungan dengan itu?

Lebih jelasnya, dengan melacak penyebab beberapa realitas umum dari kehidupan sehari- hari yang dikaitkan dengan kanker payudara, seperti dilansir Idiva, Minggu (27/10/2013):

1. Obesitas

Studi The EPIC and The Million Women menemukan bahwa wanita obesitas memiliki 30 persen risiko lebih tinggi terkena kanker payudara pascamenopause dibandingkan dengan wanita dengan berat badan normal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan bahwa masalah kelebihan berat badan atau obesitas ini merupakan penyebab utama yang kini sedang dihindari karena sebabkan kanker setelah tembakau.

2. Pil KB

Pil sering menjadi pilihan yang nyaman untuk mengendalikan kelahiran, tetapi studi menunjukkan bahwa hormon sintetis akan memungkinkan Anda terkena kanker payudara. Dan risiko ini akan menurun setelah Anda menghentikan pengobatan.

3. Tidak menyusui bayi Anda

Jika Anda baru saja melahirkan bayi, pastikan bahwa Anda menyusuinya selama setidaknya enam bulan. Studi menunjukkan bahwa menyusui bayi Anda selama lebih dari enam bulan mungkin bisa menurunkan risiko kanker payudara di kemudian hari.

4. Memilih untuk tidak memiliki anak

Dengan gaya hidup sibuk, kebanyakan wanita saat ini memilih untuk tidak memiliki bayi hingga ia berusia lebih dari 30 tahun. Tapi penelitian menyebutkan bahwa wanita tanpa anak atau memiliki anak pertama setelah 30 tahun, berisiko kanker payudara.

5. Konsumsi alkohol

Alkohol telah menjadi alasan untuk berbagai penyakit , tapi tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

6. Merokok

Wanita yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dbandingkan wanita yang terkena logam beracun. Studi menunjukkan bahwa Cadmium yang ada dalam asap rokok bisa menjadi penyebab kanker payudara . Risiko ini meningkat jika seorang wanita mulai merokok pada usia dini .

7. Terapi hormon

Setelah menopause, wanita berhenti memproduksi hormon estrogen yang diketahui menyebabkan gejala seperti perubahan suasana hati ataupun penurunan libido.

Wanita yang sering menggunakan obat modern yang disebut HRT atau terapi penggantian hormon, menurut National Health Service (NHS) dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan semakin lama digunakan semakin tinggi risikonya.

8. Paraben

Tidak ada wanita yang tidak mencintai kosmetik nya ! Tapi, apakah Anda tahu bahwa produk perawatan pribadi seperti deodoran, shampo, lotion dan kosmetik memiliki bahan kimia yang disebut paraben yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

9. Bekerja sampai malam

Beberapa studi telah menyatakan bahwa wanita yang bekerja hingga larut malam selama 30 tahun atau lebih memiliki peningkatan risiko dua kali lipat terkena kanker payudara.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.