Sukses

Ini Penyebab Anak Suka Tak Dengarkan Omongan Orangtua

Orangtua kerap dibuat bingung, meski sudah berkali-kali mengingatkan anaknya tapi tetap saja dilanggar. Kenapa?

Orangtua kerap dibuat bingung, meski sudah berkali-kali mengingatkan anaknya tapi tetap saja dilanggar. Jika anak sudah tak mendengarkan orangtua, introspeksilah. Bisa jadi selama ini orangtua jarang mendengarkan pendapat anaknya.

"Orangtua yang tidak didengarkan anak sangat mungkin juga jarang mendengarkan pendapat anak. Yang penting adalah menemani anak, termasuk dengan mendengarkan agar pada akhirnya anak dapat membuat keputusan dewasa dari dirinya," kata Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, dalam surat elektronik yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Menurut Heri, maraknya perilaku amoral di kalangan remaja seperti tindakan cabul, mesum, bisa karena orangtua, teknologi atau kedua faktor itu secara bersamaan. Keluarga yang mengabaikan anaknya yang sedang tumbuh remaja, baik karena ada masalah atau kesibukan, akan mendorong anak mencari `tempat bernaung` di luar keluarga.

"Hal ini membuat remaja tidak terkontrol dan tidak memiliki teman/pendamping yang tepat sehingga mempermudahnya terjerumus dalam tindakan amoral," ujarnya.
 
Karena alasan tersebut, Heri mengimbau orangtua memberikan waktu dan perhatiannya untuk anak, dibanding materi. Dengan cara ini, orangtua bisa mengontrol anaknya. "Dengan demikian, pada akhirnya anak akan ditemani (tidak secara otoriter) untuk membuat keputusan sendiri (pribadi yang mandiri), termasuk menolak sendiri hal yang tidak benar tanpa intervensi yang berlebihan dari orang tua," katanya.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini