Sukses

Ini Sebenarnya yang Bikin Bangkrut Perusahaan Rokok

Produsen rokok akan mengalami kerugian, bila rantai perokok usia remaja diputus.

Para produsen rokok tidak perlu khawatir bangkrut bila menyepakati the Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). Karena sebenarnya penyebab bangkrut itu adalah bila rantai perokok usia remaja diputus.

Menurut Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Tuti Soerojo, di mata para produsen rokok, anak-anak itu merupakan calon pelanggan tetap di masa akan datang.

"Kenapa saya katakan seperti itu? Ketika di usia remaja mereka sudah merokok, mereka akan terjebak dan susah berhenti. Remaja adalah pasar potensial produsen rokok," kata Tuti Soerojo, dalam acara `FCTC  untuk Ketahanan Bangsa`, Jakarta, ditulis Jumat (25/10/2013).

Cara produsen rokok menjual barang dagangannya dinilai Tuti sebagai salah satu faktor penyebab remaja merokok. Bagaimana tidak? Di setiap tayangan iklan, produsen rokok selalu menonjolkan sisi keren para perokok.

Apalagi, ketika para produsen itu menjualnya melalui konser musik. Sungguh mengkhawatirkan. "Anak-anak ini suka nonton konser musik. Kebanyakan konser di Indonesia, disponsori oleh rokok. Tak jarang pula, tiket masuk para remaja diganti dengan rokok," tambahnya.

Karena itu, Tuti menekankan, segeralah menyepakati FCTC. Bila ada tiga Kementerian di Indonesia masih belum sepakat karena alasan takut akan membahayakan sektor lainnya terutama produsen rokok, itu salah besar.

"Remaja hari ini adalah pelanggan rokok di  masa depan," ujar dia.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.