Sukses

Penyakit yang Bisa Ditularkan Primata si Topeng Monyet

Selain hepatitis, ada beberapa penyakit lain yang bisa disebarkan oleh monyet "topeng monyet"

Menurut Dokter Hewan dari Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI), drh. Aswin yang diwawancarai Liputan6.com (24/10/2013) tidak hanya hepatitis dan rabies serta beberapa peyakit yang sudah diebut yang ditularkan dari monyet, masih ada penyakit lainnya.

"Ada juga penyakit speerti TBC, penyakit kulit seperti kudis, dan juga kutu dapat tertular kepada yang menonton topeng monyet terlebih kalau monyetnya sakit itu mudah sekali tertular ke anak-anak," ungkap drh. Aswin.

Mayoclinic menyebutkan penyakit-penyakit yang disebabkan dari primata seperti monyet yaitu virus Ebola dan Marburg virus, demam kuning dan Rabies.

1. Virus Ebola dan Marburg virus

Virus Ebola dan Marburg virus adalah virus terkait yang menyebabkan demam berdarah yakni penyakit yang ditandai dengan pendarahan parah (perdarahan), kegagalan organ yang berisiko kematian.

Belum ada obat yang disetujui untuk mengobati virus Ebola atau virus Marburg. Orang yang didiagnosis dengan virus Ebola atau Marburg perlu perawatan intensif dan pengobatan untuk komplikasi. Para ilmuwan kini sedang mengembangkan vaksin untuk penyakit ini.

2. Yellow Fever

Demam kuning adalah infeksi virus yang disebarkan oleh spesies tertentu nyamuk. Ini yang paling umum di daerah Afrika dan Amerika Selatan, mempengaruhi wisatawan dan penduduk di wilayah tersebut.

Pada kasus ringan, demam kuning menyebabkan demam, sakit kepala, mual dan muntah. Tapi demam kuning dapat menjadi lebih serius, karena dapat menyerang jantung, hati dan ginjal serta perdarahan (perdarahan). Belum ada pengobatan khusus untuk demam ini.

3. Mesothelioma

Mesothelioma ganas (me-zoe-engkau-lee-O-muh) adalah kanker langka yang terjadi pada lapisan tipis jaringan yang menutupi sebagian besar organ internal Anda (mesothelium).

Mesothelioma merupakan kanker yang mematikan dan agresif, sudah ada perawatan mesothelioma namun belum ada obatnya. Mesothelioma paling sering mempengaruhi jaringan yang mengelilingi paru-paru (pleura). Jenis ini disebut pleura mesothelioma ganas.

4. Rabies

Rabies adalah virus mematikan menyebar ke orang-orang dari air liur hewan yang terinfeksi. Virus rabies biasanya ditularkan melalui gigitan. Hewan yang paling mungkin untuk menularkan rabies di Amerika Serikat termasuk kelelawar, anjing hutan, rubah, musang dan sigung dan monyet. Di negara-negara berkembang di Afrika dan Asia Tenggara, anjing liar adalah yang paling mungkin untuk menyebarkan rabies ke manusia.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini