Sukses

Sepatu Bersol, Cocok untuk Lansia?

Menurut penelitian, kaum lansia justru terbantu bila menggunakan sepatu bersol sehingga tak mudah jatuh

Mau beli sepatu untuk ayah atau ibu Anda? Seperti dikutip dari Journal of the American Geriatrics Society, Kamis (24/10/2013) kemungkinannya lebih kecil bagi lansia untuk jatuh karena kehilangan keseimbangaan, saat mereka mengenakan sepatu dengan bagian atasnya tinggi. Ini jika dibandingkan dengan mengenakan sepatu dengan bagian atasnya rendah.

Kesimpulan itu diperoleh dari uji coba keseimbangan terhadap 42 wanita berusia antara 60 hingga 92, yang diminta mengenakan sepatu dengan bagian atas rendah, tinggi, dan telanjang kaki. Sepatu yang dikenakan responden itu tidak semuanya sepatu olahraga.

Justru untuk kepentingan penelitian itu  periset juga membandingkan efek antara sepatu dengan sol keras dan sol empuk. Hasilnya, efek antara sol keras atau sol empuk itu ternyata sama saja.

Jadi belikan saja ayah atau ibu Anda sepatu tentara atau sepatu yang bagian atasnya di atas mata kaki. Bukan supaya lincah atau perkasa, tapi supaya tidak mudah kehilangan keseimbangan.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini