Sukses

Oh, Ternyata Ini Kunci Sukses Timnas U-19!

Sempat sukses membawa tim asuhannya, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri menyebutkan tiga hal penting terkait kunci kesuksesannya

Sukses membawa tim asuhannya, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri menyebutkan tiga hal penting terkait kunci kesuksesannya membawa Indonesia menjadi juara di Turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013. Penasaran apa saja tiga hal tersebut? Berikut pendapat Indra seperti yang disampaikan Liputan6.com, Rabu (23/10/2013).

1. Memiliki niat yang sama

"Bila ada seorang pemain U-19 yang mendapatkan hadiah rumah setelah sukses bertanding misalnya. Kemudian dia jadi tidak memiliki keinginan lagi untuk membawa Indonesia di piala dunia. Buat apa? Lebih baik saya suruh tinggalkan rumahnya," kata Indra.

Menurut Indra, sukses itu semua bergantung dari niat untuk sukses bersama untuk membangun Indonesia lebih berprestasi.

2. Disiplin, kerja keras, lakukan tanpa pamrih, dan jangan mengaharapkan apa-apa.

"Lakukan semuanya dengan ikhlas," tuturnya.

3. Cerdas

"Cerdas dalam arti menjalankan program yang tepat guna. Jangan asal latihan dan kembangkan sepak bola dengan cara sepak bola itu. Jangan meniru-niru negara lain. Saya istilakan, jangan pakai pakaian orang lain untuk dipakai kita, karena pasti nggak akan pas. Pakailah pakaian kita yang kita punya," ungkapnya.

Indra menambahkan, sebagai negara besar, semestinya Indonesia positif bisa melaju ke piala dunia. "Kita negara besar, ada sekian ratus ribu bahkan jutaan anak kecil berbakat. Tapi kalau masih ada naturalisasi dimana akal sehatnya? sementara banyak pemuda berbakat di negeri ini," tambahnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.