Sukses

Negara Ini Orang-orang Mudanya Tak Doyan Seks

Orang muda identik dengan hasrat seksual yang menggebu-gebu. Namun di negara yang satu ini orang mudanya ternyata tak suka bercinta.

Orang muda identik dengan hasrat seksual yang menggebu-gebu, makanya ada istilah yang muda yang bercinta. Namun di negara yang satu ini orang mudanya baik perempuan maupun pria ternyata tak suka bercinta.

Negara mana yang orang mudanya tak doyan seks?

Jawabannya ternyata Jepang. Remaja Jepang yang terkenal dengan gaya hidup bebasnya, dan suka berhubungan seks, kini telah mengalami perubahan yang cukup drastis.

Laporan dari the Guardian Abigail Haworth menghasilkan sebuah data statistik dari Japan Family Planning Association (JFPA), yang menyebutkan bahwa 45 persen dari wanita berusia 16 sampai 24 tahun, sudah tidak tertarik dan bahkan sangat membenci yang namanya hubungan seksual.

Meskipun seks bebas sangatlah umum di negara Sakura itu, tapi nyatanya pada tahun 2011 survei menemukan, 61 persen dari pria yang belum menikah, dan 49 persen wanita berusia 18 sampai 34 tahun yang tidak memiliki hubungan apa pun, naik 10 persen dari lima tahun sebelumnya, tidak suka bercinta.

Kondisi ini tentu saja membuat pemerintah Jepang khawatir akan terjadi penurunan populasi penduduk hingga 30% pada 2060. Sedangkan jumlah penduduk Jepang saat ini sekitar 126 juta.

Alasan tak suka bercinta umumnya karena karir. Pria Jepang merasa ia akan terus memikirkan cinta tanpa memikirkan karir, sedangkan wanita di sana kini menilai bahwa karir jauh lebih berharga daripada sebuah hubungan romantis.

Dilansir BussinesInsider, Selasa (22/10/2013), ditemukan fakta 90 persen dari wanita muda yang disurvei oleh Japan's Institute of Population and Social Security mengatakan, hidup dan tinggal sendiri kini jauh lebih baik, daripada memikirkan hubungan seperti ini.

Itu terbukti dari kebanyakan wanita di sana mengatakan, dirinya tidak bisa lepas dari pekerjaannya yang sekarang, dan takut bila hamil nanti dan memiliki anak, ia akan meninggalkan pekerjaannya itu. Seperti yang dilaporkan BBC sebelumnya, bahwa pada bulan Maret sebanyak 70 persen dari wanita Jepang memilih untuk mengundurkan diri dari kerja setelah anaknya lahir.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.