Sukses

Terlalu Banyak Garam Menyebabkan Katarak

Hati-hati Anda yang suka rasa asin. Risiko terkena katarak meningkat pada orang yang terlalu banyak mengonsumsi garam.

Hati-hati Anda yang suka rasa asin. Risiko terkena katarak meningkat pada orang yang terlalu banyak mengonsumsi garam. Begitu hasil riset yang dilaporkan pada American Journal of Epidemiology seperti ditulis Selasa (22/10/2013).

Katarak adalah pemutihan pada lensa mata, yang dapat menyebabkan kebutaan bila dibiarkan tak terawat dan terobati.

Dalam suatu studi di Australia diperoleh hasil bahwa orang yang makan sodium dalam jumlah sangat banyak, berkemungkinan dua kali lebih besar terkena sejenis katarak jenis posterior subcapsular. Ini jika dibandingkan dengan mereka yang paling sedikit makan garam. 

"Katarak jenis itu merupakan jenis katarak yang paling mengganggu pandangan mata," ujar Dr. Robert G. Cumming dari  University of Sydney.  

Dr. Robert dan rekan mengkaji  3.000 pasang mata orang dewasa usia 49 hingga 97 tahun. Mereka juga mengkaji kebiasaan makan dan catatan kesehatan para pasien itu. Dari situ diketahui, 160 responden mengidap katarak posterior subcapsular karena terlalu banyak sodium dalam menu makan mereka.

Peneliti juga menemukan, responden yang lebih banyak memakan garam  juga lebih berkemungkinan mengalami kondisi-kondisi yang meningkatkan risiko  terserang penyakit katarak, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Maka, kurangilah makan garam.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.