Sukses

Awas, Banyak Merek Kosmetik Ternama Dipalsukan!

Produsen-produsen nakal seakan tidak pernah kehilangan ide untuk menarik perhatian masyarakat dan keuntungan lebih sehingga memalsukannya.

Wanita tidak lepas dengan penggunaan kosmetik sebagai penunjang kecantikan dan banyak juga yang terkecoh dengan produk ternama yang dipalsukan. Produsen-produsen nakal seakan tidak pernah kehilangan ide untuk menarik perhatian masyarakat dan keuntungan lebih sehingga memalsukan merek kosmetik ternama.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan beberapa merek produk kosmetik yang dipalsukan, antara lain Ponds, Citra dan produk PnG seperti Pantene.

"BPOM menemukan produk yang menyerupai brand ternama tetapi itu palsu, ada kandungan bahan berbahaya diantaranya merkuri dan rhodamin. Itu berbahaya," ujar Deputi Bidang Pengawasan Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen, Drs. T. Bahdar J. Hamid., Apt. M.Pharm, Senin (21/10/2013).

Bahdar mengiimbau masyarakat untuk cermat dan teliti pada label kemasan produk kecantikan palsu yang banyak beredar di pasaran. "Masyarakat perhatikan labelnya, lihat di kemasan ada aturan pakainya atau tidak. Biasanya yang palsu tidak ada dan kompisisinya juga diperhatikan," tuturnya.

Selain itu Bahdar juga menambahkan masyarakat diharap tidak membeli produk kosmetik yang kemasannya sudah rusak, kemasan merek asli dan yang palsu terlihat jelas. "Perhatikan benar-benar packaging-nya agar tidak salah membeli, sebelum memakai tes dulu di belakang telinga apakah ada tanda-tanda alergi atau tidak," himbaunya.

Negara pemasok produk kosmetik dengan bahan berbahaya masuk ke Indonesia masih banyak berasal dari Cina. "Banyak negara lain, tetapi kaalu dibilang yang paling ya Cina, produk kosmetik bahan berbahaya," tuturnya.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.