Sukses

Anak Anda Mulai Nakal, Coba Cermati Waktu Tidurnya!

Peneliti menemukan, anak yang tidurnya tak teratur, cenderung akan nakal dan tidak bisa diatur karena anak sulit mengendalikan emosinya.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan adanya hubungan antara waktu tidur anak dengan masalah perilakunya. Peneliti menemukan, anak yang tidurnya tak teratur, cenderung akan nakal dan tidak bisa diatur karena anak sulit mengendalikan emosinya.

Seperti dikutip laman UPI, Selasa (15/10/2013), penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Pediatrics ini dikembangkan oleh Profesor Yvonne Kelly dari University College London. Ia dan timnya meneliti lebih dari 10.000 anak di Inggris.

Tim peneliti mengumpulkan data dari orangtuanya mengenai kapan waktu tidur malam anak dari usia 3, 5 dan 7 tahun. Selain itu, para peneliti juga mengumpulkan laporan dari ibu anak-anak dan guru tentang masalah perilaku di rumah maupun di sekolah.

"Tidur yang tidak teratur ternyata sangat memengaruhi masalah perilaku anak. Masalahnya, perilalukanya ini cenderung lebih emosional atau memburuk," kata Kelly.

Tapi menurut Kelly, temuannya ini menunjukkan efek yang reversibel. Maksudnya, ketika anak memiliki perubahan perilaku, belum tentu ia tidur rutin tidur setiap malam.

"Waktu tidur yang tidak teratur biasanya dialami anak usia 3 tahun. Namun pada usia 7 tahun, anak biasanya sudah terbiasa tidur teratur di anatara pukul 7:30-08:30 malam," jelasnya.

(Fit/Abd)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.