Sukses

Kantor Sehat di Jakarta, Memang Ada Ya? Ini Buktinya!

Gaya hidup sehat yang selama yang selama ini dikampanyekan Nutrifood, juga diterapkan oleh perusahaan itu ke seluruh karyawan.

Apakah ada kantor sehat di Jakarta? Kriteria sehatnya seperti apa ya? Ternyata ada lho di ujung Pulogadung terdapat kantor sehat dari sebuah perusahaan besar. Karyawannya diimbau tak makan gorengan. Terus apa lagi? 

Perusahaan Consummer goods kenamaan di Indonesia itu adalah PT Nutrifood. Dikenal sebagai perusahaan yang doyan mengampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat luas melalui beragam kegiatan yang dimilikinya.

Ternyata, gaya hidup sehat yang selama ini dikampanyekan Nutrifood, juga diterapkan oleh perusahaan itu ke seluruh karyawan yang berada di kantor pusat, atau karyawan yang ada di pabrik.

Hal yang dilakukan perusahaan produksi makanan dan minuman sehat itu cukup sederhana, yaitu memfasilitasi seluruh karyawannya dengan beberapa program kesehatan yang sudah ada sejak lama, dan belum tentu hal seperti itu ada di perusahaan lainnya.

Kepada tim Health Liputan6.com Arninta Puspitasari, Nutrifood Public Relations Associate Manager, menyebutkan ada beberapa hal yang disediakan PT Nutrifood untuk membuat seluruh karyawannya sehat. Mulai dari pengukuran komposisi tubuh secara bertahap, menyediakan makan siang dengan nutrisi seimbang, dan menyediakan fasilitas untuk aktivitas fisik kepada karyawannya.

"Contohnya seperti peralatan gym, dan disediakan juga kelas-kelas olahraga berbeda setiap harinya, setelah jam pulang kantor karyawan," kata dia.

Arninta yang ditemui di Kantor Pusat Nutrifood, Kawasan Industri Pulo Gadung Jalan Rawabali II Nomor 3, Selasa (8/10/2013) mengatakan, untuk komposisi tubuh sendiri, dilaksakan setiap tiga bulan sekali. Tujuannya, untuk mengetahui apakah seluruh karyawan perusahaan itu sudah menjalani pola hidup sehat yang sudah difasilitasi sepenuhnya oleh perusahaan, dan bagaimana efek pola hidup sehat itu terhadap tubuh para karyawan itu sendiri.

"Dari pemeriksaan komposisi 'kan terlihat, komposisi lemak berapa, komposisi tulang berapa, dan fitness score atau nilai kebugarannya berapa. Sehingga, kita bisa mengetahui karyawan yang sudah mencapai komposisi tubuh seimbang," ujar wanita berjilab ini

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan masih didapati karyawan yang belum mencapai komposisi tubuh seimbang maka karyawan lain akan memotivasi orang tersebut untuk bisa lebih baik lagi.

Himbauan menaiki tangga

Ketika tim Health Liputan6.com bertandang ke sana, kami menemui adanya himbauan untuk menaiki tangga bagi seluruh karyawan PT Nutrifood. Himbauan tersebut tertempel dengan ukuran yang cukup besar, di depan pintu lift.

Arninta mengatakan, himbauan itu sengaja ditaruh di pintu lift agar karyawan yang mau menggunakan lift mulai sadar, dan menggantinya dengan menggunakan tangga.

"Kalau kita hanya sekedar kampanye, itu hanya diingat kata-katanya saja. Tapi, kalau ditaruh di lift, akan terus diremaind setiap harinya," ucap Arninta. "Jadi kalau mau naik lift, hanya untuk karyawan yang hamil, sakit, atau yang sudah tua," tambahnya.

Bagi karyawan PT Nutrifood yang memilih menggunakan tangga untuk sampai di lantai atas, perusahaan sudah menyediakan rewards yang siap diberikan kepada karyawan yang melakukan aktivitas itu. "Rewards-nya itu berupa pemberian snack sehat untuk para karyawan," terang dia.

Ruang kerja yang santai dan memegang teguh prinsip kekeluargaan

Gambaran ruang kerja kubikel dan penuh sekat buyar begitu tim kami memasuki setiap ruangan yang ada di kantor tersebut.

Sebab, yang kami temui justru banyak ruang kerja di kantor tersebut yang berkonsep lesehan. Bahkan, ruang rapat sendiri ada yang didesain seperti itu.

Kepada kami Arninta mengungkapkan, memang ruang kerja yang ada di setiap ruangan, sengaja di desain oleh PT Nutrifood seperti itu demi terciptanya culture kekeluargaan. "Dengan lesehan, karyawan akan merasa nyaman dan enak dalam bekerja. Maka itu dibuat tanpa sekat dan tanpa ruang tertutup," terang dia.

Hal unik lainnya juga tim Health Liputan6.com temui saat memasuki setiap ruang kerja yang di sana, yaitu terdapat tiga jenis tempat sampah yang berbeda, tempat sampah organik, tempat sampah plastik, dan tempat sampah kertas.

Dengan adanya tiga tempat sampah yang berbeda, nantinya sampah-sampah yang sudah terpisah itu dapat diolah lagi menjadi sesuatu yang berguna.

"Misalnya saja sampah organik. Nantinya bisa dijadikan kompos. Sampah plastik, dapat diberikan kepada supplyer yang biasa mengelolah sampah-sampah itu, termasuk tempat sampah kertas," terang Arninta.

Memang, selain mengajak seluruh karyawannya untuk menanamkan pola hidup sehat, Nutrifood juga ingin seluruh karyawannya hidup hijau secara bersama-sama. Maka, cara seperti ini dinilai cukup berhasil untuk mencapai tujuan seperti itu.

Ruang menyusui

Beruntung sekali para karyawan wanita yang berkerja di sana. Untuk karyawan yang baru saja melahirkan, dan ingin memberikan air susu ibu (ASI) kepada anaknya, dapat menggunakan ruang menyusui yang berada di lantai 2, untuk memompa ASI-nya.

Meski ruang menyusui yang disediakan perusahaan tergolong kecil, tapi fasilitas yang ada di dalamnya cukuplah lengkap.

Ada sofa tebal yang empuk, meja kecil, pendingin ruangan, dan yang terpenting disediakan kulkas yang selalu On selama 24 jam untuk menyimpan ASI yang sudah dipompa itu.

Fasilitas Olahraga

Sadar akan pentingnya kesehatan bagi seluruh karyawannya, PT Nutrifood menyediakan fasilitas olahraga yang dapat digunakan para karyawannya untuk melakukan aktivitas fisik, baik sebelum jam kerja dimulai atau sesudah jam kerja berakhir di sore hari.

Di dalam pusat kebugaran yang berada di lantai 3 kantor Nutrifood, terdapat dua alat treadmill, satu sepeda statis, beragam dumble dengan berbagai berat, dan beberapa jenis alat untuk angkat beban. Semua alat ini dimanfaatin dengan sebaik-baiknya oleh para karyawan.

Tidak hanya itu, di kantor itu juga disediakan berbagai kelas kesehatan yang dapat diikuti oleh para karyawan yang mungkin enggan melakukan aktivitas fisik di gym. Ada kelas Yoga, Body Combat, Aerobic, Sirkuit Training, yang semua itu dapat diikuti dari Senin sampai Jumat.

Kantin dengan menu sehat, tanpa gorengan, minim gula dan garam

Bila jam makan siang tiba, para karyawan tidak perlu repot mencari makan di luar lingkungan kantor yang belum tentu sehat.

Sebab, PT Nutrifood sudah menyediakan kepada seluruh karyawannya menu makan siang sehat yang dapat disantap ketika jam makan siang tiba.

Uniknya, pemilihan menu makan siang hari ini sudah dapat dipilih langsung oleh para karyawan seminggu sebelumnya, melalui perangkat yang diciptakan khusus dengan nama Nutrilunch.

Cukup memasuki Nomor Induk Karyawan dan password, karyawan dapat memilih seluruh menu yang akan disajikan beberapa hari ke depan.

Setiap harinya, terdapat tiga sampai empat jenis menu yang dapat dipilih. Hari Selasa kemarin, menu yang disajikan oleh katering di kantin Nutrifood adalah;

Menu A : Nasi Bali, ayam suwir, telur pindang 1/2, urap, dan orek tempe.

Menu B : Ayam panggang jeruk limau, sup kembang tahu, tumis pakcoy, jagung manis, dan soun sayuran.

Menu C : Udang asam manis, sop kembang tahu, tumis pakcoy jagung, dan soun sayuran.

Untuk nasi, pihak katering menyediakan nasi putih dan nasi merah. Karyawan bebas memilih mau mengonsumsi nasi yang mana. Menurut pantauan tim Health Liputan6.com, banyak karyawan yang lebih memilih nasi merah ketimbang nasi putih.

Pencuci mulutnya, tersedia pilihan potongan buah dan salad sayur.

Sehat, bukan?

Tak ada gorengan tersaji ketika rapat

Gorengan, sirup, dan kue manis sering tersaji di atas meja ketika waktu rapat tiba.

Tapi, menu seperti itu tidak berlaku untuk para karyawan PT Nutrifood. Sebab, yang akan disajikan ketika rapat adalah buah, potongan buah dengan sirup low sugar, dan salad. Minumannya, jika tidak air mineral, maka jus buah yang akan disajikan.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini