Sukses

Kapan Bayi Mulai Bisa Mengoceh?

Ketika anak mengucapkan kata-kata pertamanya, tentu menarik perhatian orangtua. Namun, sebelum anak bisa berbicara, ia akan belajar mengoceh

Ketika anak mengucapkan kata-kata pertamanya, tentu menjadi peristiwa yang menarik perhatian orangtua. Namun, sebelum anak bisa berbicara, ia akan mengoceh terlebih dahulu seperti `ma ma` da da`.

Ada tahapan-tahapan yang dilalui bayi saat belajar berbicara seperti dikutip Justmommies, Rabu (9/10/2013):

Tahap Pertama Bahasa reseptif

Bahasa reseptif yang datang pertama pada bayi Anda. Bahasa ini berkembang sebelum bahasa ekspresif atau apa yang ia katakan. Ketika Anda berbicara dengan anak, Anda membantu mengembangkan bahasa reseptif dan merangsang perkembangan bahasa keseluruhan.

Bahkan, jika bayi tak bisa berbicara dengan Anda, ia menyerap informasi dan memperluas kosa kata hanya dengan mendengarkan Anda. Beberapa bayi membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar bagaimana mengkoordinasikan lidah dan mulut untuk menghasilkan suara.

Tahapan Bahasa Ekspresif

1. Usia 3 Bulan

Bayi Anda mulai belajar berkomunikasi dengan Anda sejak sangat awal. Salah satu cara komunikasi pertama kali bayi Anda adalah dengan menangis. Sekarang ini mungkin tak terdengar seperti perkembangan bahasa, tapi ini cara dia memberitahu Anda apa yang terjadi.

Anda mungkin menemukan bayi Anda memiliki berbagai jenis menangis tergantung pada usaha dia berkomunikasi dengan Anda.

2. Usia 4-6 bulan

Pada usia sekitar 4-6 bulan, bayi Anda akan mulai mengoceh. Dia juga menanggapi Anda dengan tersenyum. Ini adalah cara anak Anda berkomunikasi dengan Anda pada usia ini.

Meskipun anak Anda sudah mengoceh namun belum membentuk kata-kata yang sebenarnya. Ia mulai membuat beberapa suara yang nantinya digunakan untuk membentuk kata-kata.

Anda mungkin mendengar anak Anda mengucapkan kata `ooh` dan `aah`. Kemudian ia akan menggabungkan konsonan dan vokal untuk membentuk suara seperti `da da` atau `ba ba`.

3. Usia 7-12 bulan

Bahasa reseptif bayi Anda mulai berkembang pada waktu ini. Ia akan lebih mengerti dan bisa memahami instruksi sederhana seperti `tidak-tidak`.

"Bayi Anda mungkin tak berbicara dulu, tapi ia mengoceh. Perhatikan dia dan Anda mungkin melihat dia mencoba meniru suara atau gerakan yang Anda buat.

Misalnya saja, ia mulai mencoba `bye bye` atau cium, memukul. Jika ia belum berbicara, Anda jangan khawatir dulu. Dia akan mengucapkan kata-kata pertamanya segera.

Bayi mengucapkan kata pertama

Bayi Anda mungkin akan mulai mengucapkan kata pertamanya antara 11 bulan hingga 14 bulan. Pada usia 18 bulan, Anda bisa melihat anak Anda bisa mengatakan hingga 20 kata.

Tak semua bayi kecepatan perkembangannya sama. Jika Anda menanyakan sekelompok ibu kapan anaknya mulai berbicara, Anda mungkin akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda.  Bahkan ketika Anda membandingkan anak-anak dari keluarga yang sama, Anda akan melihat setiap anak belajar berbicaranya bervariasi.

Tahap perkembangan ini dirancang untuk membantu orangtua dan dokter tetap waspada terhadap tanda-tanda masalah.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.