Sukses

Kebanyakan Makan Popcorn Bisa Sebabkan Alzheimer?

Menyantap popcorn memang mengasyikkan. Tapi bila kebanyakan, akan menjadi penyebab terjadinya Alzheimer.

Menyantap popcorn di saat bersantai memang mengasyikkan. Tapi, bila kebanyakan dalam menyantapnya dapat menyebabkan terjadinya Alzheimer dan penyakit lain, bagi yang mengonsumsinya.

Menurut sebuah penelitian dari Amerika Serikat, popcorn yang mengenakkan itu ternyata mengandung bahan berbahaya, seperti Diacetyl. Diacetyl merupakan penyedap yang digunakan untuk menghasilkan rasa dan aroma mentega, yang menjadi penyebab terjadinya Alzheimer.

Direktur Pusat untuk desain obat di University of Minnesota, Robert Vince dan rekannya Ashish Vartak mengatakan, diacetyl kini menjadi fokus dalam penelitian terbaru, karena hal ini terkait dengan masalah pernapasan dan masalah lainnya.

Selain popcorn dalam microwave, diacetyl juga terkandung di dalam margarin, makanan ringan, permen, makanan yang dipanggang, bir dan juga anggur.

Dilansir Crazy News 24, Senin (7/10/2013) Robert Vince mengungkapkan, bahwa diacetyl ini memiliki struktur yang mirip dengan zat yang membuat protein beta amyloid dikelompokkan menjadi satu di otak, di mana agregasi tersebut merupakan ciri khas penyakit Alzheimer.

Hal seperti ini juga pernah diungkapkan oleh DR. Dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD-K-Ger, Mepid, FACP, FINASIM, selaku Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Ia mengatakan, jauhilah makanan ber-MSG karena dapat meningkatkan retensi cairan seperti garam pada umumnya.

"Seperti yang diketahui, tekanan darah tinggi dan kencing manis adalah dua dari sekian banyak penyakit yang menjadi risiko penyebab kerusakan kognitif pada otak. Termasuk di dalamnya merokok dan obesitas," kata Heriawan, saat diwawancarai tim Health Liputan6.com beberapa waktu lalu.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini