Sukses

Ada Satu Cara Kencangkan Payudara

Wanita yang menyusui anak akan mengubah bentuk payudaranya. Tapi itu semua bisa dikembalikan lagi dengan teknik ini.

Seorang gadis masih memiliki jaringan payudara yang kenyal dan bentuk yang indah. Tapi, ketika sudah menyusui anak, bentuk payudara berubah dan seringkali payudara menjadi kendor. Ada teknik bedah yang paling umum dengan mengangkat payudara yakni mastopexy, mereposisi puting lebih tinggi pada dinding dada.

Tujuan dari mengangkat payudara adalah mengembalikan payudara ke posisi yang lebih muda lebih tinggi.

Pasien yang menjalani prosedur ini bisa melalui rawat jalan, yang artinya tak perlu menginap semalam. Prosedur bedah ini biasanya membutuhkan waktu tiga jam dan dilakukan di bawah anastesi umum.

Kulit kendur yang berlebihan dihilangkan dan mengencangkan jaringan payudara sehingga posisinya lebih tinggi.

"Jika puting mengacung atau maju, Anda mungkin tidak perlu tumpangan tapi mungkin hanya beberapa pemulihan volume. Jika mereka mengarah ke bawah, maka Anda mungkin perlu mengangkat payudara," kata Ahli Bedah Plastik New York Dr Alan Matarasso .

Sejumlah wanita juga menggunakan implan payudara pada saat yang sama untuk mengangkat payudaranya. Jika seperti itu, ahli bedah akan memasukkan implan dan melekatkan kembali. Anda mungkin memiliki saluran kecil di payudara selama 24 sampai 48 jam.

Seperti dikutip WebMD, Jumat (3/10/2013), wanita bisa mengangkat payudaranya ada usia berapapun setelah payudaranya telah selesai berkembang. Selain itu wanita juga bisa melakukannya sebelum atau sesudah hamil. Dan dengan bedah pengangkatan tersebut, wanita masih bisa menyusui anaknya.

Bedah kosmetik itu relatif jarang menimbulkan komplikasi seperti pendarahan, infeksi, dan jaringan parut. Namun, Dr Alan Matarasso menjelaskan, prosedur angkat payudara biasanya meninggalkan jaring parut.

"Bagi mereka yang tak ingin memiliki bekas luka yang besar di dada mereka, dengan implan mungkin akan menghasilkan bekas luka yang jauh lebih kecil," kata Matarasso.

Sayatan dibuat pada atau di sekitar areola, vertikal ke bawah areola dan turun lipatan payudara atau horizontal di lipatan payudara. Sayatan yang dipilih dokter didasarkan pada ukuran dan bentuk payudara serta bentuk area puting.

Dan jika sudah melakukan prosedur bedah itu, pasien harus menghindari angkat beban setidaknya 4 sampai enam minggu. Jika Anda masih punya bayi, Anda membutuhkan bantuan orang lain.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.