Sukses

Apa Itu Gagal Jantung dan Bagaimana Menangani?

Penderita gagal jantung mesti membatasi diri dalam hal ngmakan dan minum. Apa saja yang mesti dilakukan selain itu

Bila Anda penderita gagal jantung, jantung tidak memompa cukup darah untuk keluar, ini menyebabkan cairan terkumpul di dalam tubuh Anda. Bila itu terjadi, hindarilah untuk mengonsumsi air secara berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak konsumsi cairan, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti pembengkakan, kenaikkan berat badan dan sesak napas.

Batasi asupan cairan dan seberapa banyak garam (sodium) yang harus dikonsumsi per harinya, dapat membantu Anda mencegah gejala-gejala tersebut.

Anggota keluarga dapat membantu mengurusi diri Anda sendiri. Keluarga bisa mengawasi berapa banyak cairan yang Anda minum, dan keluarga dapat memastikan Anda mengambil obat-obatan dengan cara yang benar. Pun keluarga dapat belajar untuk mengenali gejala awal .

Ketika memutuskan ke dokter, mungkin dokter akan meminta kepada Anda untuk mengurani jumlah cairan yang diminum. Ketika gagal jantung tidak sangat buruk, Anda mungkin tidak perlu membatasi cairan terlalu banyak. Tapi, jika gagal jantung Anda semakin memburuk, Anda mungkin perlu untuk membatasi cairan untuk 6-9 cangkir sehari ( sekitar 1 1/2 sampai 2 liter ).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman



Tips untuk Batasi Cairan

Ingat, beberapa makanan, seperti sup, puding, es krim, es loli dan yang lain mengandung cairan . Ketika Anda makan sup, gunakanlah garpu jika Anda bisa , dan membiarkan kuah kaldunya. Gunakan semangkuk kecil untuk menampung setiap makanan berkuah, dan minum hanya 1 cangkir penuh.

Jika Anda ke restoran, setelah minum 1 cangkir putarlah cangkir Anda, sebagai tanda Anda tidak menginginkannya lagi.

Lantas, bagaimana caranya agar tidak terjadi dehidrasi? Ketika haus, Anda cukup mengunyah permen karet, bilas mulut dengan air dingin, dan ludahkan. Atau menghisap sesuatu seperti sepotong lemon.

Jika Anda memiliki kesulitan untuk lakukan itu, tuliskan berapa banyak Anda minum siang hari. Anda juga harus tahu, bahwa makan terlalu banyak makanan asin dapat membuat Anda haus , dan membuat Anda minum terlalu banyak.

Konsumsi Diuretik

Bila sudah terlalu banyak cairan masuk ke dalam tubuh, ada baiknya untuk Anda mengonsumsi Diuretik. Diuretik membantu tubuh Anda menyingkirkan cairan ekstra. Ini sering disebut 'air pil'. Ada banyak merek diuretik yang harus diketahui. Beberapa di antaranya, dikonsumsi 1 kali sehari . Jenis lainnya, diminum 2 kali sehari.

Diuretik memiliki 3 jenis umum, beberapa di antaranya adalah :

  1. Tiazid : chlorothiazide ( Diuril ) , chlorthalidone ( Hygroton ) , indapamide ( Lozol ) , hidroklorotiazid ( Esidrix , HydroDiuril ) , dan metolazone ( Mykrox , Zaroxolyn )
  2. Diuretik loop : bumentanide ( Bumex ) , furosemide ( Lasix ) , dan torasemide ( Demadex )
  3.  Agen hemat kalium : amilorid ( Midamor ) , spironolactone ( Aldactone ) , dan triamterene ( Dyrenium )

Ketika Anda mengambil diuretik , Anda perlu memiliki pemeriksaan teratur sehingga dokter Anda dapat memeriksa kadar kalium Anda, dan memonitor bagaimana ginjal Anda bekerja.

Diuretik membuat Anda buang air kecil lebih sering . Cobalah untuk tidak membawa obat ini pada malam hari sebelum Anda pergi tidur. Membawa mereka pada waktu yang sama setiap hari.

Efek samping yang umum dari diuretik adalah:

  1. Kelelahan, kram otot , atau kelemahan dari kadar kalium yang rendah
  2. Pusing atau ringan
  3. Mati rasa atau kesemutan
  4. Jantung berdebar-debar , atau " gugup " detak jantung
  5. Encok
  6. Depresi
  7. Sifat lekas marah
  8. Inkontinensia urin ( tidak mampu menahan kencing Anda )
  9. Kehilangan gairah seks (dari diuretik hemat kalium ) , atau ketidakmampuan untuk memiliki ereksi
  10. Pertumbuhan rambut , perubahan menstruasi , dan suara pendalaman pada wanita (dari diuretik hemat kalium )
  11. Payudara bengkak pada pria atau nyeri payudara pada wanita (dari diuretik hemat kalium )
  12. Reaksi alergi - jika Anda alergi terhadap obat sulfa , Anda tidak harus menggunakan tiazid .
3 dari 3 halaman


Berat badan diatur

Ukuran berat diri sendiri akan membantu Anda mengetahui jika ada terlalu banyak cairan dalam tubuh Anda . Anda juga mungkin menemukan bahwa pakaian dan sepatu merasa ketat dari biasanya ketika ada terlalu banyak cairan dalam tubuh Anda .

Timbang diri Anda setiap pagi pada skala yang sama ketika Anda bangun, sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang sama setiap kali Anda menimbang diri sendiri . Tuliskan berat badan Anda setiap hari pada grafik sehingga Anda dapat melacak itu .

Hubungi dokter jika berat badan Anda naik lebih dari 2 sampai 3 kilogram dalam satu hari atau 5 kilogram dalam seminggu . Juga hubungi dokter Anda jika Anda kehilangan banyak berat badan .

Kapan Menghubungi Dokter


Hubungi dokter jika :
  1. Anda lelah atau lemah.
  2. Anda merasa sesak napas ketika Anda aktif atau ketika Anda sedang beristirahat.
  3. Anda mengi dan kesulitan bernapas.
  4. Anda memiliki batuk yang tidak hilang . Mungkin kering dan hacking, atau mungkin terdengar basah dan membawa pink, meludah berbusa.
  5. Anda mengalami pembengkakan di kaki , pergelangan kaki, atau kaki.
  6. Anda harus buang air kecil banyak, terutama pada malam hari.
  7. Anda telah mendapatkan atau kehilangan berat badan.
  8. Anda memiliki rasa sakit dan nyeri di perut Anda.
  9. Anda memiliki gejala yang Anda pikir mungkin dari obat-obatan.
  10. Denyut nadi Anda, atau detak jantung, akan sangat lambat atau sangat cepat, atau tidak stabil.

(Adt/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.