Sukses

Jangan Lagi Pakai Talenan Kayu, Bahaya!

Masih menggunakan talenan kayu di dapur? lebih baik jangan lagi karena ini bisa mengancam kesehatan.

Masih menggunakan talenan kayu di dapur? lebih baik jangan lagi karena ini bisa mengancam kesehatan.

Barang yang satu ini masih kerap ditemukan berada di dapur rumah tangga ataupun restoran. Menurut Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, DR. Roy Sparringa PhD sebaiknya sudah tidak menggunakan talenan kayu lagi untuk memotong bahan pangan.

"Kini masih kerap ditemukan restoran atau dapur rumah ada talenan kayu, sebaiknya jangan lagi karena berisiko penyakit," tutur DR. Roy, ditulis Kamis (26/9/2013).

Talenan kayu dapat menyimpan ribuan bakteri penyebab penyakit, sisa potongan makanan yang mengendap dapat membuat koloni bakteri baru dan mengendap di kayu kemudian mengontaminasi ke bahan pangan lainnya.

"Saat memotong dengan talenan kayu sisa potongan bisa mengendap dan menyimpan bakteri kemudian digunakan lagi memotong bahan pangan lain dan itu bisa terjadi kontaminasi silang," ungkapnya.

Roy pun mengatakan seharusnya restoran yang masih menggunakan talenan kayu sebaiknya ditindak.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.