Sukses

Botol Plastik Minuman Jangan Dipakai Berkali-kali, Bahaya!

Air minum kemasan yang banyak dipilih masyarakat tanpa disadari ternyata mengandung ribuan mikroba yang mungkin berbahaya untuk kesehatan.

Air minum kemasan yang banyak dipilih masyarakat tanpa disadari ternyata mengandung ribuan mikroba yang mungkin berbahaya untuk kesehatan.

"Dalam air kemasan sebenarnya sudah ada sekitar 100rb mikroba yang tertidur, terlebih lagi dengan kemasan yang menggunakan bahan plastik," ujar Deputi Bidang Pengawasan Kemanan Pangan dan Bahan Berbahaya, DR. Roy Sparringa PhD, ditulis Kamis (26/9/2013).

Namun tidak perlu kawatir. Dengan menghilangkan kebiasaan yang bisa membuat mikroba bertambah dapat mengatasi kekhawatiran yang ada.

Menghindari air kemasan dari paparan matahari salah satu caranya. "Mikroba yang sudah ada dalam kemasan itu ibaratnya tertidur dan saat terpapar matahari atau berada pada suhu 50-55 derajat celcius dapat membangunkannya dan terus berkembang menjadi banyak, maka itu perlu cermat menyimpanya," jelasnya.

Paparan matahari, kata Roy dapat mengoksidasi bahan plastik kemasan tersebut dan jika mikroba di dalamnya merupakan bakteri patogen, bisa berbahaya.

Sikap cermat dan teliti masyarakat tetap perlu ditingkatkan untuk mengurangi dampak negatifnya.

"Bakteri patogen itu yang berbahaya, mikroba memang tidak semua patogen tetapi sebagai upaya mencegah risiko penyakit maka dihimbau masyarakat tetap cermat dan teliti," imbaunya.

Botol plastik sebaiknya hanya digunakan sekali, setelahnya dihancurkan agar tidak terjadi pengisian berulang-ulang.

"Satu kali saja untuk penggunaan botol plastik karena itu memang diperuntukan sekai pakai, kemudian hancurkan bisa dengan meremasnya," katanya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini