Sukses

Waspada, Ada Kabar Buruk Buat Penggemar Tahu dan Kerupuk!

Untuk penggemar tahu, ada kabar buruk yang perlu Anda waspadai. Kebanyakan tahu yang beredar di pasaran terpapar bahan kimia berbahaya.

Untuk penggemar tahu, ada kabar buruk yang perlu Anda waspadai. Menurut Deputi Bidang Pengawasan Keamaan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, DR. Roy Sparriga PhD, kebanyakan tahu yang beredar di pasaran telah terpapar bahan kimia berbahaya.

"Ini bisa dibilang kabar buruk untuk penggemar tahu. Setelah dilakukan beberapa pengujian tahu kini telah terpapar boraks dan formalin," ujarnya ditulis Kamis (26/9/2013).

Dr. Roy menambahkan tidak hanya tahu, kerupuk gendar, kerupuk bewarna cerah juga terpapar bahan kimia tersebut.

"Memang enak seperti tahu, kerupuk gendar, kerupuk bewarna, kita makan itu seperti menabung racun untuk masa depan. Untuk itu perlu ketelitian dan pemahaman agar tidak salah membeli bahan pangan," tambahnya.

Untuk mengenalinya memang terkadang sulit karena menurut Staff BPOM yang bertugas di Laboratorium, Ratna mengatakan para produsen sudah lebih pintar dalam penggunaan bahan kimia.

"Secara fisik mungkin lebih terlihat keras dan kenyal, ini setelah diuji sudah terpapar boraks dan formalin. Untuk itu perlu pengujian labooratorium," katanya.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini