Sukses

Mahasiswa UNY Olah Kulit Pisang Jadi Yoghurt, Hmmmm Enak!

Kulit pisang ternyata banyak manfaatnya. Selama ini orang membuangnya karena merasa tidak ada manfaatnya. Padahal bisa dibuat yoghurt

Pisang merupakan buah yang selalu tersedia melimpah di pasar, bukan jenis buah musiman dan produksinya cukup banyak. Pisang banyak dikonsumsi dalam keadaan segar oleh sebagian masyarakat tetapi kulitnya hanya dibuang dan menjadi limbah, padahal penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata.

Selain kaya vitamin B6, kulit pisang banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Melihat banyaknya manfaat yang terdapat dalam kulit pisang tersebut mendorong mahasiswa jurusan pendidikan IPA fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini untuk mengolah limbah kulit pisang menjadi yoghurt. Gagasan mahasiswa pendidikan IPA ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan.

”Kami memilih kulit pisang untuk dijadikan yoghurt karena selama ini kulit pisang hanya menjadi limbah dari pedagang gorengan dan dianggap sebagai sampah yang tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata dapat berubah menjadi komoditas usaha yang menjanjikan” kata Ratna Wirawati seperti dikutip dari laman resmi Universitas Negeri Yogyakarta, uny.ac.id, Rabu (25/9/2013).

Selain itu dalam kulit pisang ternyata mengandung lemak, protein, dan glukosa yang cukup sehingga saat difermentasi dapat menghasilkan asam laktat yang dihasilkan dari gula susu. Ini merupakan syarat bahan pembuatan yoghurt.

Manna Wassalwa menambahkan kulit pisang mengandung karbohidrat sebesar 18,50%, vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, lemak, pektin dan air sebanyak 68,90%.

Rata-rata setiap 100 gram daging pisang mengandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 27 gram pati dan 0,5 gram serat. Pisang juga kaya akan potassium yang berguna untuk pertumbuhan, dan juga merupakan bahan yang baik untuk diet karena mengandung kolesterol, lemak serta garam yang rendah. Pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan vitamin A.

Zamzam Fatma Ambarsari mengatakan yoghurt ini dibuat dengan satu rasa yaitu rasa asli pisang dan tanpa penambahan perisa.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.