Sukses

Berkat Jolie, Wanita Mulai Sadar Kesehatan Payudaranya

Menurut laporan dari Cancer Research di Inggris, terjadi lonjakan pada kaum hawa untuk memeriksakan kondisi payudara

Aktris seksi Angelina Jolie memutuskan menjalani operasi pengangkatan payudara untuk mengurangi risiko terserang penyakit menakutkan itu pada Mei 2013. Itu dilakukan Jolie setelah diketahui gen yang ada di dalam tubuhnya berpeluang mengidap kanker payudara

Apa yang dulu dilakukan wanita cantik ini, ternyata berdampak positif untuk kehidupan wanita di seluruh dunia. Menurut laporan dari Cancer Research di Inggris, terjadi lonjakan pada kaum hawa untuk memeriksakan kondisi payudara, untuk tahu apakah ia berisiko mengidap kanker payudara atau tidak.

Pun angka yang ditunjukkan sangatlah signifikan. Setidaknya, terjadi lonjakan empat kali lipat dari biasanya, baik itu yang datang langsung ke dokter, atau sekedar mencari tahu informasi pengobatan di internet.

Terhitung, sebanyak 15.920 orang mengunjungi situs yang berisi informasi mengenai kanker payudara, semenjak Jolie mengumumkan aksinya itu tanggal 14 Mei 2013.

Jauh hari sebelum pemeran Lara Croft ini memutuskan untuk melakukan tindakannya itu, hanya 3.659 orang yang mengakses situs tersebut. Dan sekarang, terjadi kenaikkan sebanyak empat kali lipat. Per harinya, situs itu dikunjungi sebanyak 4.769 orang.

Dr Kat Arney dari Cancer Research UK mengatakan, dalam beberapa kasus wanita memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan payudara, dan akan mengurangi risikonya tersebut.

"Kami sekarang mengetahui informasi soal gen ini. Dan kita tahu, bagaimana caranya untuk menguji mereka dan kami dapat memberikan pilihan kepada para wanita, apa saja yang harus dilakukannya," ungkap Kat Arney, dikutip Daily Mail, Rabu (25/9/2013)

Dari hasil itu, diketahui sebanyak 1 persen dari wanita tersebut memiliki gen BRCA1 (sel pertumbuhan kanker) yang rusak, dan itu sama persis seperti yang dialami Jolie. Ada juga yang mengidap gen BRCA2 yang sangat mirip.

Gen ini sendiri mampu meningkatkan risiko terjadinya perkembangan kanker payudara, yang awalnya hanya 40 persen menjadi 90 persen. Hal seperti ini juga terkait dengan kanker ovarium.

Kat menuturkan, seorang wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan genetik, yang dilakukan melalui tes darah, seperti yang dilakukan pasangan Brad Pitt ini.

Angelina Jolie sendiri mengatakan, tindakan ini dilakukannya demi delapan anak-anaknya, setelah ia melihat ibu kandungnya, Marcheline Betrand, berjuang melawan kanker payudara selama 6 tahun.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini