Sukses

Perawat Berhubungan Seks dengan Pasien Skizofrenia

Seorang perawat pria di Australia menjalin hubungan seksual dengan pasiennya yang mengalami skizofrenia.

Seorang perawat pria di Australia menjalin hubungan seksual dengan pasiennya yang mengalami skizofrenia. Hubungan itu terjadi setelah si perawat membantu pasiennya melarikan diri dari suaminya yang kasar.

Ia memulai hubungan dengan pasien wanita berinisial `L` sejak 2010. Dan `L` sudah menjalani perawatan skizofrenia paranoid sejak 2006.

Mark Jackson bekerja di Peel and Rockingham Kwinana Mental Health Service, selatan Perth. Ia ditunjuk menangani kasus wanita itu sejak awal 2010, setelah ia masuk rumah sakit karena masalah psikotik. Wanita itu beberapa kali mencoba bunuh diri.

Pada akhir tahun, `L` mengungkapkan sering mendapatkan tindakan kekerasan seksual dan psikologis dari suaminya. Dan karena itu Jackson mengatur transportasi untuk L dan putrinya agar keluar dari kondisi tersebut.

Seperti dikutip Murraymail, Jumat (20/9/2013), Jackson kemudian menyewakan rumah untuk wanita itu dan membayar sejumlah uang jaminan sewa untuk empat minggu, serta membeli furniture. Namun, hubungan tersebut berkembang menjadi hubungan seksual.

Jackon mengakui, batasan hubungan keduanya dengan cepat menjadi kabur. "Saya memiliki hubungan seksual dengan pasien. Ini tak bisa diterima dari sudut pandang profesional dan moral," tulis Jackson dalam sebuah surat kepada Australian Health Practitioner Regulation Agency.

Jackson mengatakan, saat ia mencoba membantu pasien, perilakunya benar-benar keluar dari karakter. Ia mengatakan, menderita depresi berat dan Post Traumatic Stress Disorder karena menjadi perawat kesehatan mental.

Hakim David Parry, Wakil Presiden State Administrative Tribunal, mengatakan Jackson jelas bersalah melakukan pelanggaran profesional seperti yang dituduhkan Nursing and Midwifery Board of Australia.

Akibat perbuatannya, ia diskualifikasi melamar sebagai petugas kesehatan Australia selama dua tahun hingga 2015 dan diperintahkan membayar US$ 2.069.

Jackson sebenarnya sudah mengundurkan diri sebagai perawat pada April 2011 dan mengatakan kepada SAT ia tak berniat melanjutkan karirnya sebagai perawat.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini