Sukses

Anak Di Bawah Setahun, Jangan Beri Susu Manis!

Adanya penambah rasa dan gula pada susu cokelat, stoberi, maupun vanila dinilai kurang baik untuk anak. Mengapa?

Banyaknya varian susu saat ini, biasanya memang sangat disukai oleh anak. Tapi adanya penambah rasa dan gula pada susu cokelat, stoberi, maupun vanila dinilai kurang baik untuk anak. Karena susu berperisa, otomatis akan mengurangi zat gizi pada susu yang dikonsumsi anak.

Namun terkadang, anak jadi lebih suka susu yang memiliki perisa dibandingkan susu plain (tanpa rasa). Jika hal ini terjadi, menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono ini adalah kesalahan ibunya.

"Biarkan anak di bawah satu tahun minum susu plain (tanpa rasa). Karena jika anak dari kecil sudah ditawarkan susu manis, di akan tahu rasa sehingga ia akan lebih suka susu yang manis," jelas Fiastuti, seperti ditulis Rabu (18/9/2013).

Fiastuti menerangkan, normalnya anak hanya boleh mengonsumsi gula 2,5 gram dari seluruh makanan yang ia konsumsi per hari. Jika anak minum susu manis, maka gula akan melebihi kalori yang dibutuhkan tubuhnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.