Sukses

Konsep `One Health` Dokter Hewan Tak Hanya Fokus Tangani Hewan

Para ahli kesehatan dunia mulai mengembangkan konsep `One Health` agar dapat mengatasi penyakit infeksi akibat virus dari hewan.

Penyebaran penyakit infeksi yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya yang semakin marak membuat para ahli menyadari  dibutuhkannya penanganan untuk mengatasi hal ini. Untuk itu para ahli kesehatan dunia mulai mengembangkan konsep `One Health` yang diharapkan dapat mengatasi penyakit tersebut secara dini dan intensif.

"Dengan konsep ini diharapkan penyakit infeksi akibat virus dari hewan dapat diatasi dan ditangani lebih awal," ujar Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia juga selaku Vice Minister of Health Chairman SEAHUN, Prof. Ali Ghufron Mukti, Selasa (17/9/2013).

Konsep `One Health` sendiri digagas Badan Kesehatan Dunia (WHO) dengan tujuan menjalin kemitraan antara dokter dan dokter hewan yang disepakati berbagai pihak baik organisasi medik kesehatan, kesehatan hewan maupun kesehatan masyarakat.

Ali Gufron mengharapkan penanganan terhadap penyakit infeksi yang disebabkan virus tidak ditangani dengan melihat secara sektoral.

"Melalui konsep ini tidak ada lagi penanganan secara sendiri-sendiri namun dilakukan oleh tenaga medis baik dokter, dokter hewan dan petugas kesehatan masyarakat," tambahnya.

Perwakilan dari Malaysia sekaligus selaku Vice Chairman SEAOHUN, Prof. Noor Hassin bin Ismail pun mengatakan hal serupa.

"Yang pernah terjadi dokter hanya menangani manusianya dan dokter hewan hanya tangani hewan, dengan konsep ini tidak ada lagi seperti itu tapi dilakukan penanganan bersama," tuturnya.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.