5 Penyebab `Banjir` Saat Menstruasi

  • Info Sehat
  • 0
  • 15 Sep 2013 09:00

menstruasi130328b.jpg
Setiap wanita memiliki waktu menstruasi yang berbeda. Ada beberapa wanita yang darah menstruasinya keluar sedikt tapi ada juga yang `banjir`.

Lantas bagaimana mengetahui jika Anda termasuk wanita yang menstruasinya terlalu banyak? Jika pembalut yang Anda gunakan penuh darah haid dan Anda harus menggantinya setiap dua jam sekali, Anda memiliki menstruasi yang banyak atau dikenal dengan menorrhagia.

Darah menstruasi yang banyak alias `haid berat` bisa menyebabkan wanita merasa tak nyaman dan mungkin disebabkan penyakit. Apabila darah menstruasi Anda terlalu banyak dan berlangsung lebih dari seminggu, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Berikut 5 penyebab wanita `banjir` saat menstruasi seperti dikutip Magforwomen, Minggu (15/9/2013):

1. Hormon tidak seimbang

Lapisan rahim (endrometrium) diatur oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Ini berlangsung selama siklus menstruasi, normal. Ketika hormon tidak seimbang, endometrium yang terbangun meningkat sehingga darah menstruasi banyak. Ini bisa menjadi salah satu penyebab menstruasi banyak.

2. Polip

Alasan lain menstruasi Anda banjir adalah polip yang berukuran kecil, tumbuh berbahaya pada dinding rahim. Ini bisa menyebabkan aliran darah yang banyak selama siklus menstruasi.

Umumnya, perempuan muda memiliki kadar hormon berfluktuasi . Dalam hal tingkat hormon yang tinggi, darah menstruasi menjadi banyak atau waktu menstruasi terlalu lama.

3. Alat kontrasepsi ( IUD )

Menggunakan alat kontrasepsi IUD menjadi penyebab umum lainnya wanita mengalami menorrhagia. IUD umumnya meningkatkan pendarahan menstruasi pada beberapa wanita. Jika ini terjadi, lebih baik melepasnya.

4. Disfungsi ovarium

Penyebab lainnya wanita banyak keluar darah menstruasinya adalah disfungsi ovarium. Jika ovulasi tak terjadi selama siklus menstruasi, hormon progesteron tidak berproduksi. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormon yang akhirnya mengakibatkan menorrhagia .

5. Adenomiosis

Adenomiosis adalah penyebab lain untuk wanita mengeluarkan banyak darah menstruasi. Ketika endometrium ditanamkan dalam otot rahim, sering menyebabkan perdarahan berat dan menyakitkan.

Ini biasanya terjadi pada wanita paruh baya. Hal ini juga dikenal sebagai `endometriosis rahim`. Kondisi ini umumnya ditandai dengan menstruasi dan pembesaran uterus.

Selain penyebab di atas, fibroid rahim, infeksi panggul atau tumor, masalah hati atau ginjal, infeksi pada rahim, stres, perubahan diet atau olahraga rutin juga bisa menyebabkan menstruasi berat.

Salah satu carnya dengan diet yang kaya vitamin dan mineral serta olahraga agar menghentikan aliran darah berlebihan.

(Mel)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes



Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler