Sukses

Trik Agar Anda Tak Gampang Gemuk!

Salah satu kelemahan utama korbohidrat adalah dengan mudah disimpan menjadi lemak. Untuk menghindarinya, ikuti 4 tips ini.

Diet karbohidrat ada macam-macam jenisnya. Ada yang benar-benar antikarbohidrat, menguranginya, atau hanya makan karbohidrat. Padahal, karbohidrat merupakan bagian penting dari nutrisi harian. Namun, salah satu kelemahan utama korbohidrat adalah dengan mudah tersimpan menjadi lemak.

Untuk menghindari tertimbunya lemak dari karbohidrat, Anda bisa mengikuti empat tips dari DailyHealthPost, Jumat (13/9/2013):

1. Makan banyak karbohidrat setelah olahraga

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



Cara terbaik agar diet karbohidrat bisa berkerja adalah makan sebagian besar karbohidrat setelah latihan beban atau latihan intensitas tinggi. Ini menguntungkan karena karbohidrat meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh, yang sangat dibutuhkan pada periode latihan Anda.

Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda menghabiskan glukosa dan glukogen, yang digunakan untuk menyimpan energi. Dan ketika Anda tak mencapai titik di mana Anda tak cukup energi, tubuh Anda melepaskan kortisol (hormon stres). Pada dasarnya, hormon ini akan memecah jaringan otot dan mengubahnya menjadi glukosa melalui proses yang disebut glukoneogenesis.

Jadi dengan makan karbohidrat setelah latihan bukan saja membuat Anda menyimpan lemak lebih sedikit tapi Anda membantu pemulihan tubuh dari proses ini.

2. Hindari makan karbohidrat pada makan siang
3 dari 5 halaman



Meskipun Anda harus benar-benar makan karbohidrat setelah latihan, di satu ketika Anda harus mempertimbangkan mengurangi asupan karbohidrat pada saat makan siang.

Pada waktu makan siang di pertengahan hari kerja Anda, Anda kurang fokus dan tidak waspada.

Sebaliknya, Anda harus menyimpan karbohidrat untuk makan malam. Dengan begitu, mereka akan membantu Anda bersantai dan tertidur lebih mudah. Selain itu cobalah makan karbohidrat dari tepung sayuran seperti kentang dan ubi jalar.

3. Jangan makan karbohidrat sendirian
4 dari 5 halaman



Mitos diet yang paling umum adalah Anda harus makan hanya karbohidrat sehingga lebih mudah dicerna. Pada kenyataannya, yang terbaik makan karbohidrat dan protein.

Beberapa berpendapat makan karbohidrat dan protein yang terpisah bisa menguntungkan karena mencernanya berbeda. Dan makan bersama-sama hanya memperlambat atau menghambat proses pencernaan. Pendapat itu salah karena saluran pencernaan sangat mampu mencerna beberapa jenis makanan sekaligus.

Makan karbohidrat dan protein bersama-sama baik untuk diet Anda karena akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan lebih berenerg,i sementara menempatkan lebih sedikit kalori dan lemak ke dalam tubuh Anda. Dan yang paling penting mencegah lonjakan kadar gula darah Anda .

4. Jangan minum minuman manis ketika makan
5 dari 5 halaman



Akhirnya, untuk menghindari menyimpan karbohidrat sebagai lemak, Anda juga harus menghindari minuman manis saat makan. Jus dengan banyak gula dan soda, keduanya menyebabkan pencernaan Anda memperlambat, yang menyebabkan lebih banyak kalori berubah menjadi lemak dan menyebabkan Anda bertambah berat badan.

Alkohol memiliki efek yang sama, dan dengan kopi bisa menyebabkan dehidrasi .

Untuk itu minumlah air putih selama makan dan sistem pencernaan Anda akan cepat dan memungkinkan membakar lebih banyak lemak. Air juga secara signifikan lebih sehat dari jus bergula dan minuman ringan, dan lebih sering minum akan membuat Anda lebih terhidrasi.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.