Sukses

Penjelasan RS Soal Mahalnya Biaya Bikin Surat Keterangan Sehat

Biaya untuk pembuatan surat keterangan sehat bagi CPNS di RSUD Pasar Rebo Rp 265 ribu. Namun, harga itu akan berbeda jika ada surat narkoba.

Sejumlah kantor kementerian membuka lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hampir setiap syarat menginginkan ada surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

Info dari warga, biaya untuk bikin surat kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo mencapai Rp 525 ribu.

Namun, petugas RSUD Pasar Rebo menegaskan, sebenarnya biaya dasar untuk bikin surat kesehatan Rp 265 ribu. Namun jika pemeriksaannya mencakup bebas narkoba bisa lebih mahal lagi.

"Untuk surat keterangan sehat biayanya Rp 265 ribu. Itu untuk pemeriksaan darah, urine, dan rontgen," kata salah satu petugas dari Medical Check up di RUSD Pasar Rebo saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Biaya itu akan berbeda jika pelamar juga meminta surat keterangan bebas narkoba.

"Kalau ada surat bebas narkoba itu totalnya Rp 540 ribu," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pelamar PNS Pemerintah DKI Nirwan (19) mengaku keberatan dengan syarat surat keterangan sehat.

Untuk membuat surat keterangan sehat itu, Nirwan harus membayar Rp Rp 525 ribu ke RSUD Pasar Rebo.

Memang, dalam syarat penerimaan CPNS Pemerintah Provinsi DKI ada permintaan surat keterangan sehat dan surat bebas pemakaian narkoba.

(Mel/*)

Baca Juga :

Bikin Surat Keterangan Sehat, RS Pasang Tarif Rp 525 Ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini