Sukses

Perceraian Tak Selalu Berdampak Negatif, Pria Ini Contohnya

Artis pendatang baru dan presenter, Stewart Henry mengaku sangat mempengaruhi perkembangan psikologisnya.

Perceraian orangtua berdampak pada perkembangan psikologis anak. Tapi siapa bilang perceraian selalu berdampak negatif, bisa jadi hal ini dapat jadi acuan untuk anak menjadi lebih baik. Namun menurut Psikolog, perceraian tetap tidak ada untungnya.

Nama Stewart Heinrich Peisch mungkin masih terdengar asing di telinga. Artis pendatang baru dan presenter ini mengaku perceraian orangtuanya sangat memengaruhi perkembangan psikologisnya.

"Perceraian orangtua kondisi sulit mempengaruhi perkembangan psikologis Aku," ungkap pria yang lebih dikenal Stewart Henry saat diwawancarai Liputan6.com, ditulis Kamis (12/9/2013) .

Namun Stew panggilan akrabnya, mengaku perceraian tidak selalu berdampak negatif namun ada juga positifnya.

"Aku selalu mencoba berpikir positif, dengan perceraian mereka (orangtua) jadi acuan Aku untuk menjadi Ayah yang lebih baik dan hebat untuk anak-anakku nanti," terang pria penggila Barcelona ini.

Stew mengatakan sering merasa kehilangan dan kesedihan, namun dirinya mengalihkan ke hal-hal positif seperti aktif di dunia hiburan.

"Tidak selalu lari ke hal negatif, Aku mengalihkannya ke hal positif seperti sibuk di dunia hiburan dan positifnya sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga," jelasnya.

Kehilangan Sosok Panutan

Perceraian orangtua berdampak pada sisi psikologis Stew. Tinggal dan tumbuh hanya dengan ibu membuatnya kehilangan sosok panutan.

"Saat mereka (orangtua) cerai psikologis Aku terganggu, dan saat itu sangat kehilangan sosok yang menjadi panutan hidup (papa)," ujar Stew.

Kehilangan sosok panutan tidak membuatnya melakukan kenakalan remaja. Stew tetap menjaga pola pikir dan gaya hidupnya agar tidak terjerumus dengan kenakalan remaja.

"Tidak sampai kepikiran ke sana, Aku selalu berpikir ke mama," tuturnya.

Tumbuh di keluarga broken home bukan berarti menjadi orang yang tidak berprestasi. "Memang banyak yang bilang anak yang tumbuh di keluarga yang tidak harmonis membuatnya menjadi anak nakal atau tidak punya prestasi, Aku gak setuju dengan itu," jelas pria yang hobi nonton film ini.

Berubah Menjadi Teman Sebagai Pendekatan ke Adik
 
Perceraian orangtua membuat adik Stew dirundung kesedihan, "Adik aku termasuk yang paling sering memendam perasaan, namun mimik mukanya memperlihatkan bahwa dia kehilangan dan sedih atas perceraian orangtua," jelasnya.
 
Pria penyuka durian ini mengaatakan mendekatkan diri dan berkomunikasi lebih intens dapat membantu mengatasi masalah kesedihan yang dirasakan Adik Stew. "Pendekatannya yaa sebagai teman bukan abang, sehingga kami lebih akrab berkomunikasi dan dia (adik) jadi lebih mudah mencurahkan perasaannya saat sedih," tuturnya.
 

Tipe Pria Setia dan Romantis

Walaupun Stew saat ini mengaku jombo, dirinya adalah tipe pria setia dan romantis. Romantis menurutnya penting untuk tetap menjaga kualitas hubungan dengan pacar.

"Kalau Aku sedang jalani hubungan dengan seseorang ya cukup satu, dan perlu juga sesekali romantis," ujarnya.

Stew pun membagi cerita romantisnya dengan Liputan6.com, "Waktu itu Aku pernah melakukan hal romantis waktu punya pacar, jadi saat dia pemotretan diam-diam membawa mobilnya ke toko bunga dan menghias mobil dengan penuh bunga, dan dia terkejut," ungkapnya.

Komunikasi yang baik menjadi faktor utama dalam menjalani hubungan. Saat ada perbedaan pendapat menurut Stew komunikasi dan tindakan romantis dapat membantu menyelesaikan hal itu.

Melakukan Hal baru saat hubungan mulai bosan

Kejenuhan dalam hubungan kerap terjadi ketika pasangan sudah menjalani waktu yang cukup lama. Melakukan sesuatu yang baru dipilih Stew untuk tetap menjaga hubungan saat bosan.

"Kalau bosan biasanya Aku habiskan waktu dengan teman, dan melakukan hal baru dengan pacar seperti traveling," jelasnya.

Intropeksi diri juga menjadi faktor yang membantu agar hubungan tetap berjalan harmonis. Wanita menjadi sosok yang paling dihargai pria yang mengidolakan Lionel Messi ini. Hal tersebut dikarenakan Stew tumbuh dengan sosok ibu hebat yang mampu membesarkannya sendiri. Hal ini yang membuatnya sangat menghargai wanita.

"Karena Aku besar dengan mama maka sangat menghargai wanita, karena wanita adalah sosok yang hebat," ungkapnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini