Sukses

Inilah Sebab Banyak Orang Kota Kerap Penyakitan

Minimnya keberadaan teknologi sanitasi dan higien Masyarakat Indonesia membuat kondisi sanitasi di wilayah perkotaan masih perlu perbaikan.

Minimnya teknologi sanitasi yang tepat dan higienis di masyarakat khususnya di perkotaan, menimbulkan masalah kesehatan serius. Mulai dari banyaknya kasus keracunan makanan, cacingan hingga diare.

Direktur Permukiman dan perumahan, Bappenas, Nugroho Tri Utomo mengatakan masyarakat masih terkendala dengan pilihan teknologi sanitasi tepat guna.

"Tidak berimbangnya teknologi inilah yang menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya perbaikan kondisi sanitasi dan air minum yang ada pada saat ini," ungkap Nugroho.

Diharapkan, dengan terbukanya kesempatan, setiap orang bisa ambil bagian menciptakan teknologi tepat guna, akan tersedia lebih banyak lagi sarana yang mendukung kesehatan sekaligus membantu perubahan perilaku hidup sehat masyarakat.

Nugroho menegaskan, upaya perubahan perilaku sanitasi masyarakat harus diiringi dengan penyediaan pilihan teknologi yang sehat, aman, terjangkau.

"Perubahan perilaku sanitasi dan higienitas masyarakat diiringi penyediaan pilihan teknologi yang sehat, aman, terjangkau sehingga menghasilkan perubahan perilaku," ujarnya.

Menjawab permasalah itu maka diselenggarakan lomba Teknologi Tepat guna (TTG) untuk memperbaiki sanitasi.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini