Sukses

Bisa Jadi Vicky Prasetyo Orangnya Seperti Ini!

Ada dua kemungkinan kenapa orang cenderung manipulatif atau pembohong seperti Vicky Prasetyo, mantan calon istri Zaskia `Gotik`

Gaya bahasa Vicky Prasetyo yang sok intelek sedang heboh diperbincangkan. Kalau dilihat dari bahasa yang digunakan, Vicky bisa dikategorikan orang yang memiliki kepribadian manipulatif (pembohong).

Menurut Psikolog Klinis  Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, orang yang manipulatif sering menggunakan permainan (game) untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Orang manipulatif memiliki kecenderungan tidak adaptif.

"Bahasa termasuk salah satu bagian. Menurut saya orang tipe ini akan berusaha tampil lebih baik," ujar Heri saat dihubungi Liputan6.com, melalui telepon, Rabu (11/9/2013).

Heri menjelaskan, ada dua hal yang membuat orang bersifat manipulatif.

1. Secara umum orang itu rendah diri atau minder

Orang ini berusaha diterima banyak orang. "Ia mempunyai masalah percaya diri, tapi berprilaku dan berkata-kata, serta berpenampilan seperti orang kelas atas," jelas Heri.

2. Orang tersebut memang pandai dan cerdas

Orang tipe ini berusaha menggunakan beberapa cara agar mendapatkan yang diinginkan. Orang jenis ini berusaha mengendalikan orang.

"Orang ini nggak punya masalah dengan percaya diri, orangnya pintar strategi," ujar Heri.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.