Sukses

1.500 Formula Ramuan Tanaman Obat Ada di Indonesia

Lebih dari 1.500 formula yang diramu dari 24.927 jenis nama lokal tanaman obat ada di Indonesia.

Lebih dari 1.500 formula yang diramu dari 24.927 jenis nama lokal tanaman obat ada di Indonesia. Hasil survei Kementrian Kesehatan baru-baru ini menyebutkan, ribuan formula ini didapat dari 20 persen dari 1.168 suku etnis di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Pokjanas TOI (Kelompok Kerja Nasional Tanaman Obat Indonesia), Indah Yuning Prapti mengatakan, kawasan hutan merupakan sumber keragaman hayati tanaman obat. Ini tanggungjawab bersama untuk melindungi semua bahan itu dari kepunahan serta pencurian hayati (biopiracy).

   
"Seperti hasil survei yang telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan yang baru meliputi 20 persen dari 1.168 suku etnis di Indonesia telah didapatkan lebih dari 1.500 formula yang diramu dari 24.927 jenis nama lokal tanaman obat di Indonesia," kata Indah saat seminar "Hutan dan Tumbuhan Obat untuk Kesejahteraan Masyarakat" di IPB Bogor sseperti dikutip dari Antara, Rabu (11/9/2013).
     
Kegiatan seminar yang diselenggarakan pada 10-12 September di IPB International Convention Center (IICC), Bogor ini juga bekerjasama dengan Kelompok Kerja Nasional Tanaman Obat Indonesia (Pokjanas TOI).

Seminar ini juga dihadiri lebih dari 200 orang yang berasal dari akademisi, peneliti, praktisi, LSM serta institusi pemerintah dan menjadi ajang berbagi informasi hasil-hasil penelitian terbaru mengenai tumbuhan obat, serta membangun hubungan kemitraan yang saling menguntungkan antara sektor hulu dan hilir dalam pemanfaatan tumbuhan obat yang lestari dan berkelanjutan.
     
(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.