Sukses

Status Ekonomi Bikin Kenakalan Dul Makin Menjadi

Status ekonomi yang terbilang melimpah membuat Dul seakan leluasa melakukan apa yang diinginkan dan terjadi kenakalan remaja.

Kasus kenakalan remaja yang dilakukan Abdul Qodir Jaelani alias Dul mendapat perhatian lebih media. Menurut Psikolog Adelina Syarief SE Mpsi hal ini dapat terjadi akibat pola asuh yang salah dan perceraian orangtua.

Selain itu status ekonomi yang terbilang melimpah membuat Dul seakan leluasa melakukan apa yang diinginkan dan terjadi kenakalan remaja.

"Status ekonomi memang faktor kesekian yang mempengaruhi kenakalan remaja, namun anak yang terbiasa dipenuhi kebutuhannya membuatnya banyak melakukan hal negatif ditambah perceraian orangtua," ungkap Adel, Senin (9/9/2013).

Menurut Adel mungkin Dul belum diajarkan prihatin dan pintar mengelola fasilitas yang diberikan oleh orangtua sehingga hal negatif seperti kecelakaan maut tersebut dapat terjadi.

"Karena anak berpikir mencari uang itu mudah dan fasilitas diberikan tidak dikelola dengan baik ya kenakalan remaja bisa saja terjadi," paparnya.

Kenakalan yang kerap terjadi di usia remaja terkadang juga diakibatkan lingkungan teman-teman, Adel mengatakan ketika anak sudah merasa tidak nyaman di rumah mudah terpengaruh ajakan teman sekitarnya.

Saat ini terjadi komunikasi orangtua sangatlah penting, terkadang kesibukan mereka membuatnya lupa dengan perilaku anak.

"Sesibuk-sibuknya orangtua, komunikasi itu perlu menghindari pengaruh teman sebayanya yang terkadang masih senang melakukan hal yang di luar akal pikiran bukan terlalu memanjakan memenuhi semua keinginannya," jelasnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.