Sukses

Beda Anak Remaja Dulu dan Sekarang di Mata Dokter Naek L Tobing

Perkembangan anak-anak sekarang dan zaman dulu era 1980 tahun sangat berbeda. Salah satu penyebabnya perekonomian.

Si Dul, anak musisi ngetop Ahmad Dhani memang masih berusia 13 tahun. Tapi, ia sudah mengendarai mobil sendiri. Inilah yang membedakan anak-anak zaman sekarang dengan anak era 1980. Anak-anak dulu memang hidup sederhana yang membuatnya bisa lebih diatur dan disipilin.

"Banyak orangtua dalam lima tahun belakangan ini perkembangan ekonominya bagus. Sekarang banyak uang yang ingin menyenangkan anaknya sehingga dibelikan kendaraan bermotor," kata Psikolog Dr. Naek L Tobing, SpKJ, yang juga seorang Konselor Seks saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Padahal, tanpa disadari dengan hanya memberikan harta tanpa memberikan perhatian lebih ke anak hanya akan merusak masa depannya. Orangtua zaman sekarang banyak yang mencari kesenangan untuk dirinya.

"Hampir semua orangtua sekarang ingin mendapat kesenangan. Kalau orangtua ingin senang-senang, tentu anaknya juga ingin seperti orangtuanya. Jadi tergantung role modelnya," jelas Dr Naek.

Berbeda dengan kehidupan zaman dulu, menurut Dr Naek, meski orangtuanya mampu secara finansial tapi orangtua tetap membiasakan hidup prihatin dan sederhana. Alhasil, anak lebih disiplin dan mudah diatur.

"Teknologi dan perekonomian yang membuat anak berubah habis-habisa dan luar biasa," tegasnya.

Perceraian Kasih Uang

Dr Naek mengatakan, perceraian terkadang juga membuat orangtua lebih memilih `memanjakan` anak dengan uang. Orangtua lebih memilih memberi anak uang agar anaknya tak berontak.

"Bercerai membuat anak jadi tak terkontrol. Dikasih uang biar senang, nggak berontak," jelasnya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.