Sukses

Bunda, Coba Deh Cara Ini Supaya Anak Tidak Main Game Terus!

cara yang paling efektif untuk mengalihkan perhatian anak terhadap gadget adalah dengan mengalihkan perhatiannya.

Memang gadget canggih sangat membantu kreativitas dan pengetahuan anak jika digunakan benar. Tapi sayangnya, beberapa efek buruk juga ada. Salah satunya, anak jadi enggan bersosialisasi.

Seperti disampaikan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, Spsi, M.Si saat acara 'Ibu Masa Kini: Membuka Jalan untuk pemimpin Masa Depan' di Plaza Sudirman, Jakarta, Jumat (5/9/2013). Ia berbagi pengalaman mengenai cara mengalihkan perhatian anak yang ketergantungan gadget.

Menurutnya, cara yang paling efektif adalah menyimpan gadget kemudian ketika anak mulai menanyakan mainannya itu, orangtua perlu mengalihkan perhatiannya ke hal lain. Seperti misalnya berbicara tentang apa yang ada di sekitarnya.

"Bangun diskusi dengan anak, bicarakan apa saja tentang lingkungan di sekitar. Dengan begitu, mereka akan berpikir dan dengan berpikir, tentunya anak akan lebih cerdas, kritis dan belajar menganalisis," ungkapnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.