Sukses

Diet yang Cocok untuk Golongan Darah B

Jika sebelumnya, diet berdasarkan golongan darah O dan A sudah dibahas, Kini giliran Anda yang memiliki golongan darah B. Cek Yuk.

Jika sebelumnya, diet berdasarkan golongan darah O dan A sudah dibahas, Kini giliran Anda yang memiliki golongan darah B. Seperti ditulis Aqua4balance, Rabu (4/9/2013) diet ini berdasarkan buku yang ditulis Dr. Peter J. D. Adamo dalam bukunya 'Eat Right for Your Type Diet'. Cek Yuk.

Seperti sebelumnya di buku Peter mulanya menjelaskan dulu mengenai karakteristik tipe B. Dan menurutnya tipe B memiliki sifat fleksibel, kreatif, mewakili upaya alam untuk kekuatan yang seimbang antara ketegangan pikiran dan tuntutan dari sistem kekebalan tubuh, mudah menyesuaikan kondisi dengan dengan iklim baru, mungkin ia bisa disebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang paling kuat diantara semua golongan darah.

Risiko medis

Walaupun ia dikategorikan hampir tidak memiliki kelemahan di saluran cerna, tapi ia memiliki risiko medis, seperti:

1. Diabetes Tipe 1
2. Sindrom kelelahan kronis
3. Gangguan autoimun (penyakit Lou Gehrig, lupus, multiple sclerosis)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman


 
Diet yang dianjurkan

Tipe B tergolong omnivora, namun lebih baik hindari daging ayam. Tapi lainnya produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, sayuran, buah tidak masalah baginya.
 
Kunci menurunkan berat badannya adalah
 
Tipe B diketahui dapat dengan mudah mencerna semua jenis makanan, dengan beberapa pengecualian. Karena Makan jagung, gandum, lentil, kacang, biji wijen, dan produk gandum dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sementara sayuran, telur, daging, hati, teh licorice sangat dianjurkan.
 
Seperti jenis O, tipe B cenderung memiliki masalah dengan gluten gandum, yang dapat menyebabkan gejala hipoglikemia (gula darah rendah). Jika Anda mendapatkan hipoglikemia setelah makan, dan minum teh licorice tentu akan bermanfaat. Tapi harus ada pengawasan dokter.
3 dari 5 halaman


Makanan yang Menaikkan dan Menurunkan Berat Badan

Berikut makanan yang bisa membuat kenaikan berat badan bagi si tipe B:
 
1. Jagung : bisa memperlambat produksi insulin dan metabolisme, menyebabkan retensi cairan, kelelahan
 
2. Gandum: menurunkan laju metabolisme, membuat jaringan otot kurang efisien dalam membakar kalori
 
3. Kacang tanah: menyebabkan hipoglikemia, mengganggu efisiensi metabolisme, mengganggu fungsi hati
 
4. Biji wijen: Menyebabkan hipoglikemia, membatasi efisiensi metabolisme
 
 
Makanan yang bisa membantu penurunan Berat Badan
 
1. Sayuran hijau, berfungsi meningkatkan gerakan usus
 
2. Daging domba atau kambing, sangat baik untuk menjaga metabolisme
 
3. Teh licorice, berfungsi mencegah hipoglikemia. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi .
 
4 dari 5 halaman


Tips diet bagi Tipe B

Menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ketika Anda kurang cukup minum, urine Anda menjadi berwarna dan ini tidak sehat. Minum dua gelas air 30 menit sebelum makan, dan hitung kalori setiap saat makan. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang optimal.
 
5 dari 5 halaman


Tips latihan untuk Tipe B

Kegiatan fisik sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap seimbang. Tipe B akan sangat sehat bila melakukan latihan yang konsisten.
 
Olahraga teratur akan membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh Anda. Metabolisme dan hati juga dianggap penting untuk menjaga kebugaran mental. Olahraga akan membuat Anda rileks, tenang, tidak depresi, dan menghilangkan stres .
 
Lebih detailnya, berikut kegiatan olahraga yang dapat Anda nikmati:

1. Pilih kegiatan olahraga yang Anda nikmati

2. Variasikan jenis latihan fisik

3. Cobalah untuk berolahraga di luar dengan udara matahari dan udara segar. Anda juga bisa melakukannya di lingkungan yang santai dan alami.

4. Tidak perlu memilih olahraga yang berat.

5. Cobalah mengintegrasikan aktivitas fisik yang memperkuat hubungan tubuh-pikiran

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini