Sukses

10 Tanda Anda Sudah Mulai Pikun, Waspadalah!

Sebagai anak, penting bagi kita untuk tahu apa saja gejala umum dari penyakit yang disebabkan oleh Alzheimer ini.

Demensia (pikun) kerap menimpa orang berusia tua. Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak menyadari kalau terkena penyakit satu ini. Sebagai anak, penting bagi kita untuk tahu apa saja gejala umum dari penyakit yang disebabkan oleh Alzheimer ini.

Berikut 10 gejala umum yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia, DY Suharya, yang dipelajarinya ketika ia menangani ibunya yang terkena demensia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman



1. Gangguan daya ingat

Penderita sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi. Lupa akan janji sendiri, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali.
3 dari 11 halaman



2. Sulit fokus

Sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, dan bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

"Ibu saya cara masak saja suka lupa. Di awal-awal dia tahu mana saja yang harus dimasukin. Tapi ketika di tengah-tengah, dia suka lupa. Mana saja yang sudah dimasuki, dan mana saja yang belum," kata DY Suharya, dalam acara Talkshow Understanding Alzheimer, Rabu (4/9/2013).
4 dari 11 halaman



3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar

Seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari. Dan sangat sulit mengatur keuangan. Bahkan bisa jadi Anda juga sulit mengingat barang apa yang baru saja diletakkan.
5 dari 11 halaman



4. Disorientasi

Bingung akan waktu (tanggal, dan hari-hari penting), bingung sedang berada di mana, dan tidak tahu cara jalan pulang.
6 dari 11 halaman



5. Kesulitan memahami visuospasial

Sulit membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, menabrak cermin saat berjalan, menuangkan air di gelas tapi tumpah.

"Bahkan ibu saya, pernah tidak mengenali mukanya sendiri di kaca," tambah DY Suharya.
7 dari 11 halaman



6. Gangguan berkomunikasi

Kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat, dan seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung sendiri untuk melanjutkan.
8 dari 11 halaman



7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

"Pernah satu kejadian menimpa supir mama saya. Dia dipecat, karena dituduh mencuri VCD mama saya. Padahal, mama saya sendiri yang lupa," jelas DY Suharya.
9 dari 11 halaman



8. Salah buat keputusan

Ketika hendak bepergian ke suatu acara, penderita demensia sering kali salah membuat keputusan. Pakaian yang tidak serasi, pakai kaus kaki beda warna, dan tidak dapat merawat diri.
10 dari 11 halaman



9. Menarik diri dari pergaulan

Tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas yang biasa dinikmati. Tidak terlalu semangat berkumpul dengan teman-temannya.
11 dari 11 halaman



10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Emosi penderita akan berubah-ubah secara drastis. Suka menjadi bingung, curiga, depresi, takut, atau tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa dan putus asa.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.