Sukses

Setelah Operasi, Cruse Ganti Payudara dengan Kulit Babi

Kelly Cruse memiliki 87 persen memilih mengangkat kedua payudaranya dan merekonstruksinya dengan kulit babi

Kelly Cruse memiliki 87 persen kemungkinan terkena kanker payudara. Alasan itu yang membuatnya memilih mengangkat kedua payudaranya dan merekonstruksi menggunakan kulit babi.

Cruse tak ingin seperti melihat nenek buyut, ibu, dan sepupunya menderita kanker payudara. Ia lebih memilih melakukan mastektomi ganda.

"Menunggu kanker bukan pilihan ," kata Cruse.

"Saya tidak ingin implan saline karena saya akan sering masuk dan keluar rumah sakit," ujarnya.

Usai pengangkatan payudara, ahli bedah segera merekonstruksi payudaranya dengan memasukkan cangkok kulit babi seperti dikutip Metro, Rabu (4/9/2013).

Wanita berusia 32 tahun itu menjalani prosedur yang disebut dengan Strattice Tissue Matrix, yang artinya ia hanya melakukan satu kali operasi dalam hidupnya.

Menurut dokter, hasilnya lebih baik karena dokter tak perlu mengambil jaringan dari bagian lain tubuh pasien. Selain itu, cangkok kulit babi akan membuat payudaranya lebih fleksibel dan kuat.

Cangkok kulit babi itu telah dilucuti dari semua sel babi sehingga tubuh pasien tak akan menolaknya. Cara bekerjanya seperti bra internal yang dimasukkan ke payudara agar menahan implan di tempatnya.

Cruse yang merupakan peternak kucing di Plymouth, Devon, Inggris, memilih melakukan operasi demi putranya Jamie (8) dan Oliver (5). Hasil tes Cruse menunjukkan ia memiliki keturunan gen kanker payudara BRAC2.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini