Sukses

Diet Golongan Darah, Karakter Tipe Darah A

Dalam memahami diet apa yang tepat untuk golongan darah A, Dr. Peter J. D. Adamo menjelaskan hal berikut

Dalam memahami diet apa yang tepat untuk golongan darah A, Dr. Peter J. D. Adamo dalam bukunya 'Eat Right for Your Type Diet' menyebutkan beberapa karakter tipe A.

Menurut peter, tipe A memiliki karakter yang unik. Namun seperti dikutip laman Aqua4balance, Senin (2/9/2013) karena sistem pencernaannya sensitif sehingga sistem kekebalan tubuh kurang baik dan rentan menjadi invasi mikroba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



Risiko medis

Penyakit jantung
kanker
anemia
diabetes tipe 1
 
Diet yang tepat untuk tipe A

Diet yang tepat untuk tipe A adalah mencoba menjadi vegetarian dengan makan sayuran, tahu, makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah.
 
Tipe A harus menghindari protein hewani dan susu karena ia tidak menghasilkan asam klorida cukup dalam perut sehingga memiliki waktu banyak untuk mencerna protein hewani. Jika tipe A ini berlebihan mengonsumsi protein, ia cenderung akan mengalami kanker perut.

Untuk itu tipe A dianjurkan untuk menghindari rokok atau daging karena nitrit natrium di dalamnya. Protein hewani dan produk susu cenderung akan membusuk dan berfermentasi dalam saluran pencernaan. Bakteri beracun juga akan mudah hinggap di dalam jaringan dan otot, inilah yang menyebabkan kesulitan pencernaan pada tipe A .
3 dari 4 halaman


 
Kunci untuk menurunkan berat badan ialah:

Menghindari daging, susu, kacang merah, gandum. Dan ganti makanan dengan minyak nabati, kedelai, sayur-sayuran dan nanas akan membantu pencernaan , mencegah retensi cairan, mengoptimalkan kekebalan tubuh, meningkatkan gerakan usus, mempermudah buang air besar dan meningkatkan energi.
 
Suplemen yang dibutuhkan

Untuk Melengkapi tipe A diet dengan vitamin B12 dan zat besi sangat penting . Asam klorida dalam perut tipe A dapat mengganggu penyerapan vitamin B12, sehingga tipe A itu rentan terhadap anemia pernisiosa. Vitamin B12 bukan hanya ada dalam daging merah, tapi juga ditemukan dalam makanan protein nabati berkualitas tinggi seperti produk kedelai dan rumput laut.

Tips diet tipe A:
  1. Pilih karbohidrat yang baik, kalau bisa kurangi konsumsi karbohidrat.
  2. Konsumsi Hawaiian spirulina, produk kedelai, ikan laut, telur, kacang-kacangan, adalah pilihan protein terbaik.
  3. Pilih makanan dengan lemak sehat , batas makanan yang memiliki lemak jenuh, hindari makanan dengan lemak trans.
  4. Pilih diet serat yang kaya biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan .
  5. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan berwarna hijau gelap , kuning, oranye , merah.
  6. Okra , almond , collard hijau , bayam , rumput laut , brokoli , biji wijen , dan seledri merupakan sumber kalsium terbaik.
  7. Minum air untuk memuaskan dahaga . Anda dapat minum satu atau dua cangkir jus buah 100 persen sebagai bagian dari konsumsi buah harian, tetapi hanya jika perasan .
  8. Mengkonsumsi sedikit garam, lebih banyak makanan segar, dan sedikit makanan olahan.
  9. Sebuah multivitamin harian dengan vitamin C , E , dan A , B kompleks , B12 , zat besi , dan kalsium dapat menambahkan dorongan kesehatan ekstra .
  10. Sebuah suplemen probiotik harian mengembalikan keseimbangan mikroflora , berkontribusi terhadap fungsi kekebalan tubuh
 
4 dari 4 halaman


Latihan

latihan yang cocok untuk tipe A disebut Peter adalah latihan yang sifatnya menenangkan seperti renang , pilates , seperti yoga dan tai chi.

Berikut tips-tips berolahraga bagi tipe A:

- Melangkah 10.000 langkah setiap hari ( sekitar 7 km)
- Variasikan jenis latihan fisik untuk bekerja pada kelompok otot yang berbeda
- Memilih kegiatan latihan yang Anda nikmati .
- Cobalah untuk berolahraga di luar dengan sinar matahari dan udara segar, terutama di lingkungan yang santai, alami, sehingga dapat meningkatkan energi dan memperkuat hubungan tubuh-pikiran.
- Pilih kegiatan low impact . Olahraga berat kurang cocok untuk jenis Anda.
- Cobalah mengintegrasikan aktivitas fisik yang memperkuat hubungan tubuh-pikiran.
- Lakukan latihan dengan perasaan sukacita.
- Lakukan latihan satu atau beberapa kali dalam seminggu. Selesaikan setiap latihan dengan latihan peregangan .

 (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini