Sukses

12 Makanan yang Menguras Energi

Ada beberapa makanan yang malah membuat Anda mengantuk, merasa lelah, lesu, dan akhirnya malas untuk melakukan apapun.

Tujuan utama mengonsumsi makanan adalah untuk mendapatkan energi bagi tubuh sehingga Anda dapat lebih aktif dalam beraktivitas. Namun, ada beberapa makanan yang malah membuat Anda mengantuk, merasa lelah, lesu, dan akhirnya malas untuk melakukan apapun.

Seperti dilansir Boldsky, Minggu (1/9/2013), berikut jenis makanan yang dapat menguras energi Anda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman



1. Nasi putih

Belum lengkap rasanya bila Anda makan tanpa nasi putih. Namun, jika Anda ingin melakukan aktivitas setelah makan, lebih baik Anda menghindarinya. Nasi termasuk dalam katerogi makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi yang dapat membuat Anda merasa lelah setelah mengkonsumsinya.
3 dari 13 halaman



2. Kafein

Sungguh mengejutkan bukan? Kafein yang Anda anggap dapat mencegah serangan kantuk ternyata malah dapat membuat Anda menjadi lamban dan lesu, terlebih jika Anda terlalu banyak mengkonsumsinya.
4 dari 13 halaman



3. Donat

Kadar gula halus dalam makanan ini sangatlah tinggi. Jenis gula itu diketahui dapat mengalahkan energi dalam tubuh Anda dan menyebabkan kelesuan.
5 dari 13 halaman



4. Gorengan

Segala jenis makanan yang digoreng akan melemahkan tubuh Anda. Sebab, makanan yang telah digoreng memiliki kadar lemak yang tinggi. Untuk memproses semua lemak yang telah Anda konsumsi, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras.
6 dari 13 halaman



5. Kurma

Ini merupakan salah satu makanan andalan saat berpuasa. Memang makanan ini terasa manis, namun bukan berarti semua makanan yang rasanya manis dapat memberi energi bagi tubuh. Misalnya saja kurma. Setelah Anda mengonsumsinya, kadar gula dalam darah akan naik secara drastis. Akibatnya, Anda malah merasa lesu.
7 dari 13 halaman



6. Pisang

Pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat melemaskan otot-otot tubuh dan memudahkan Anda untuk tertidur.
8 dari 13 halaman



7. Kue

Jenis makanan ini biasanya dibuat dengan menggunakan gula halus yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika Anda mengonsumsinya, tubuh akan memproduksi serotonin yang membuat Anda merasa lelah dan lesu.
9 dari 13 halaman



8. Roti tawar putih

Banyak orang yang mengonsumsi roti tawar putih di pagi hari. Namun, sepertinya Anda harus menggantinya dengan jenis makanan lain. Sebab, setelah Anda memakannya, glukosa akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan membuat Anda merasa lesu.
10 dari 13 halaman



9. Salmon, sereal, anggur merah

Ikan salmon, sereal, dan anggur merah mengandung vitam B6 yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi melatonin yang dapat mempermudah Anda untuk tertidur.
11 dari 13 halaman



10. Es krim

Di sela kesibukan Anda, terkadang Anda memilih es krim untuk menyegarkan pikiran. Justru sebaliknya, pikiran Anda malah akan menjadi lamban dan rasa kantuk pun akan menyerang Anda. Sebab, makanan ini akan merampas energi dari tubuh sehingga Anda merasa lelah.
12 dari 13 halaman



11. Teh hijau

Teh hijau mengandung theanine yang dapat membantu Anda untuk cepat tidur.
13 dari 13 halaman



12. Sup miso

Miso mengandung asam amino yang dapat meningkatkan produksi melatonin yakni hormon alami yang dapat membantu menginduksi kelesuan.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini