Sukses

Shopie Navita, Mulai Mencintai Makanan Mentah

Sayur dan buah memiliki peran penting untuk meningkatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makan sayuran segar itu disarankan ahli gizi

Sayur dan buah memiliki peran penting untuk meningkatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ahli Gizi menyarankan untuk konsumsi langsung buah dan sayur segar.

"Setelah diolah, buah dan sayur yang tidak langsung dikonsumsi akan cepat teroksidasi sehingga kandungan nutrisinya terutama vitamin cepat berkurang bahkan hilang," ujar Ahli Gizi, dr. Sylvia Irawati saat diwawancarai Liputan6.com, Jumat (30/8/2013).

Artis cantik, Sophie Navita Simanjuntak memilih rawfood untuk menunjang kesehatan dia dan keluarga. Wanita yang memiliki tinggi 165 cm ini menjadi pecinta rawfood setelah mempelajari beberapa diet seperti food combining dan diet golongan darah dan kemudian memilih rawfood.

Istilah rawfood mengacu pada gaya hidup mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dan tidak mengalami proses pengolahan.

"Saya mempelajari beberapa diet namun itu membingungkan, jadi manusia makan yang baik itu seperti apa, one day saya menemukan rawfood," jelas Sophie.

Kini ibu dari Rangga Namora Putra Barata & Radya Tuaro Putra Barata ini sedang giat menyerukan gerakan Indonesia Makan Sayur lewat situs sosial pribadi @ShopieNavita dengan #IndonesiaMakanSayur.

Gerakan ini dimulai dari sekembalinya Sophie setelah bersekolah di lembaga resmi, Living Light Culinary Arts Institute Fort Bragg, California, Amerika Serikat tahun lalu.

"Di sana saya mempelajari dan berpikir seharusnya Indonesia lebih bisa mengaplikasikan ini dalam kehidupan sehari-hari, memilih sarapan dengan green smoothie," paparnya.

Istri Stefanus Pongki Tri Barata ini menyadari pentingnya kesehatan tubuh, dengan mengonsumsi green smoothie atau rawfood (makan makanan mentah). "Sehat, ya itu yang mendasari saya menjadi pecinta rawfood , dan mengonsumsi green smoothie serta ingin mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat," papar wanita kelahiran Singapura, 10 November 1975 ini saat ditemui di Kafe dibilangan Jakarta.

Kebiasaan mengonsumsi green smoothie dirasa tidak sulit wanita yang hobi musik dan membaca ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan Indonesia Makan Sayur menurut Sophie awalnya hanya untuk share lifestyle kehidupan makannya dan keluarga.

Namun ternyata hal ini direspon positif oleh para pengguna sosial media. "Tadinya hanya share, ternyata banyak followersnya. Respon positif mereka terlihat dengan upload foto mereka yang sudah mulai menjalankan gerakan ini," jelas Shopie.

Sophie mengatakan tidak sulit untuk menerapkan green smoothie untuk sarapan dan membiasakan makan sayur dan buah yang tidak dibumbui atau diberikan pengawet.

"Tidak sulit sebenarnya menerapkan makan sayur dan buah, Indonesia kan negara agraris, dan dari dulu sudah banyak mengenal makan sayur yang belum diolah seperti lalapan jadi untuk jalani  hal ini mudah," ungkapnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini