Sukses

Kenapa Bayi Tak Mau Minum ASI? Ini Alasannya!

Bayi yang menolak diberikan ASI tidak hanya membuat cemas ibunya, tapi juga keluarga dekat. Berikut ini yang membuat bayi tolak ASI

Bayi yang menolak diberikan ASI bukan hanya membuat cemas ibunya, tapi juga keluarga dekat. Kasus ini biasanya juga disebut bingung puting.

Menurut pakar laktasi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care (KMC) Dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC, kasus bingung puting ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti:

1. Kelainan anatomi (masalah pada puting ibu atau lidah bayi)

"Mungkin bayi yang lidahnya pendek akan mengalami kesulitan pada hari pertama kehidupan, tapi hal ini bisa dibantu dengan pemberian ASI melalui sendok atau gelas. Jika tidak berhasil, Anda bisa datang ke klinik laktasi," kata Asti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



2. Kurangnya dukungan tenaga kesehatan atau institusi kesehatan tempat melahirkan

Hal ini jelas merisaukan para konselor ASI. Karena menurut Asti, ada beberapa tenaga kesehatan yang tidak pro ASI sehingga ketika bayi baru lahir, justru langsung diberi susu formula atau dot.
3 dari 4 halaman



3. Kurangnya dukungan keluarga

Asti menyampaikan, tidak semua keluarga yang mengerti dan pro ASI. Orangtua yang mengerti betapa pentingnya ASI, pasti akan mendukung ibu sepenuhnya.
4 dari 4 halaman



4. Aspek kultur dan psikologis

Memiliki bayi yang tidak mau minum ASI, biasanya akan membuat dampak psikologis bagi ibu. Ibu akan stres dan ayah tidak tahu harus berbuat apa. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan akan terjadi gagal ASI.

Ketika ibu memiliki masalah bayi bingung puting, yang terpenting adalah tidak stres dan tetap melakukan kontak kulit dengan bayi. Karena dengan kontak kulit, bayi akan merasa lebih nyaman dan ikatan batin ibu dan anak jadi lebih baik.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini