Sukses

Tips Saat Bayi Anda Menolak Diberi ASI

Masalah menyusui bayi memang sangat beragam. Dari ASI yang sulit keluar hingga bayi yang menolak ASI.

Masalah menyusui bayi memang sangat beragam. Dari ASI yang sulit keluar hingga bayi yang menolak ASI. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi oleh pengetahuan ibu yang cukup.

Salah satu masalah menyusui yang sangat kompleks seperti yang disampaikan dokter anak sekaligus Pakar Laktasi asal Kanada, Jack Newman, MD, FRCPC. Menurutnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ibu jika bayinya menolak ASI.

"Jika bayi terus marah dan menangis karena menolak ASI, tenangkan ia dengan kontak kulit dengan ibu (skin to skin contact). Cara ini dapat membuat tenang bayi," jelas Jack di sela-sela acara seminar 'Breastfeeding Update In Daily Practice' di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Jika bayi sudah tenang, Jack menuturkan untuk ibu agar memberikan ASI. "Jika ia sudah mencoba ASI, maka ia akan betah menyusui. Posisi yang baik juga mendukung keberhasilan pemberian ASI".

"Posisi bayi baiknya simetris dengan payudara ibu agar ASI yang diberikan ibu bisa keluar banyak," katanya.

Jack menyarankan bahwa ibu harus bisa memproduksi ASI yang sebanyak mungkin. Caranya bisa bermacam-macam.

"Pernah ada satu kasus ketika bayi menolak diberi ASI di Toronto. Saat itu, kami coba lihat reaksi bayi pada payudara kiri ibu. Hasilnya, bayi menangis. Kemudian saya meminta ibu itu untuk menyusui bayi di payudara kanannya. Dan, mengejutkan, dalam beberapa saat bayi mulai tenang dan mulai suka ASI. Setelah itu, saya perhatikan ternyata payudara kirinya tidak mengeluarkan banyak ASI. Penting dicatat, bayi suka aliran ASI yang deras," tambahnya.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.