Sukses

1 dari 5 Wanita Tak Sadar Menderita Kanker Payudara

Alat-alat canggih ternyata masih diragukan. Hampir 1 dari 5 wanita justru tidak percaya bahwa dirinya punya risiko kanker payudara

Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apakah Anda berisiko kanker payudara, tapi alat-alat canggih bisa memberikan penilaian yang akurat tentang risiko kanker payudara pada Anda. Sekarang masalahnya, hampir 1 dari 5 wanita justru tidak percaya hasilnya.

Hal ini disampaikan pada sebuah studi baru yang diterbitkan Journal Patient Education and Counseling. Menurut peneliti, ada 690 wanita yang mengikuti tes Kanker Payudara Risiko Assessment Tool (BCRAT). Tes ini berisi pertanyaan yang perlu dijawab wanita mengenai usia, etnis, sejarah pribadi dan keluarga tentang kanker payudara, usia saat menstruasi pertama dan kelahiran hidup pertama, dan sejarah biopsi payudara.

Setelah itu para wanita ini diberitahu mengenai risiko perkiraan terkena kanker payudara dalam lima tahun ke depan. Namun hasilnya, 19 persen wanita dilaporkan tidak setuju dengan hasilnya.

"Ini bisa jadi karena dua hal. Yang pertama, alat ini memang benar-benar salah dan kedua, perempuan itu yang tidak menyadarinya," kata penulis utama studi Laura Scherer, Ph.D., asisten profesor di University of Missouri.

Namun jika memang alat ini tidak mengukur faktor kesehatan dengan benar, kemungkinan lain adalah wanita takut mendengar kanker payudara dan skeptis terhadap risikonya.

Jadi apa yang harus Anda lakukan jika tidak mengerti atau tidak mau mengerti ketika Anda memiliki kemungkinan kanker payudara?

Seperti dilansir Womenshealthmag, Selasa (27/8/2013) baiknya, bicarakan dengan dokter mengenai faktor risiko Anda. "Dan jika sangat khawatir, Anda dapat memintanya untuk dirujuk ke konselor genetik," kata Scherer. 

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini