by Aditya Eka Prawira

4 Hal Ini Bisa Mengukur Apakah Diet OCD Baik untuk Anda

  • Stetoskop
  • 0
  • 26 Agu 2013 15:30

Tampaknya, banyak pelaku diet yang banting setir melakukan diet ala Deddy Corbuzier, Obsessive Corbuzier's Diet (OCD). Sayangnya, sampai hari ini belum ada sebuah studi yang mengatakan, apakah OCD baik atau buruk?.

Tapi, ada cara sederhana yang dapat dilakukan, untuk melihat apakah OCD ini benar-benar aman dan cocok dilakukan oleh para pelaku diet.

Berikut 4 cara sederhana untuk melihat apakah suatu program diet baik dan aman untuk tubuh, termasuk OCD, yang diberi nama 4D oleh pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia, dr. Michael Triangto, SpKO, kepada tim Health Liputan6.com, yang ditulis Senin (26/8/2013)

1. Dapat dilihat hasilnya


Michael menuturkan, diet OCD yang ditemukan oleh Deddy Corbuzier belum bisa dikatakan baik atau buruk untuk tubuh si pelakunya. Akan tetapi, bila hasil dari diet OCD ini dapat dilihat,  maka diet tersebut baik untuk si pelakunya. Contohnya saja, seperti berat badan yang turun dan bentuk tubuh yang berubah.

"Deddy mengatakan ini baik, karena dia sendiri sudah dapat melihat hasil yang dilakukan sendiri olehnya. Makanya itu, dia mengatakan OCD sangatlah baik untuk dilakukan," kata Michael.

Tapi, ini saja tidak cukup. Harus dilihat yang lainnya juga.

2. Dapat dirasakan perbedaannya

Dapat dirasakan perbedaan yang seperti apa? Bila sebelumnya sangat susah untuk membuat celana yang digunakan longgar, tetapi ketika melakukan OCD celana yang kenakan longgar, berarti OCD patut untuk dilakukan.

Kalau hanya membuat celana longgar dan tidak sesak, serta nyaman digunakan, Michael mengatakan, tidak perlu orang susah-susah untuk diet ketat.

Menurut dia, dengan orang melakukan operasi dan membuang lemaknya saja, untuk membuat celana longgar dapat dicapai.

3. Dapat dinikmati prosesnya


Apa pun jenis dietnya, si pelaku harus dapat menikmati proses yang dilalui olehnya. Jika pelaku OCD dapat menikmati prosesnya, berarti memang diet ini baik untuk dijalankan. Bila merasa selama melakukan diet ini merasa tidak nikmat, stres, dan panikan, ada baiknya untuk menghentikannya.

Berarti, diet OCD ini tidak cocok untuk Anda. Bila tak ada masalah, silahkan untuk melanjutinya.

4. Dapat diulangi lagi

Seseorang yang melakukan diet, dan berhasil mencapai berat badan yang diinginkannya, biasanya suka mencoba berbuat curang dan meninggalkan sejenak pola diet yang dilakukannya. Akibatnya, tak jarang berat badan akan naik lagi.

Bila dia adalah penganut diet dengan pola OCD, dan merasakan proses yang menyenangkan, maka dengan senang hati orang tersebut kembali diet dengan pola yang satu ini.

Tapi, apabila dia merasa terbebani dengan diet ini, berarti diet ini tidak baik cocok untuk si pelakunya tersebut.

(Adt/Abd)

(Abd)

Related Articles
Comments
Sign in to post a comment